DetikNews
Kamis 04 Mei 2017, 20:15 WIB

Kemenhub Sediakan 150 Ribu Kursi Mudik Gratis

Muhammad Idris - detikNews
Kemenhub Sediakan 150 Ribu Kursi Mudik Gratis Ilustrasi mudik gratis (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan kursi mudik gratis untuk 150 ribu orang. Sebanyak 150 ribu orang itu akan diangkut gratis dengan moda bus, kapal laut, dan kereta api.

"Kita tahun ini akan gratiskan saudara-saudara yang mudik kira-kira 150 ribu orang. Naik bus, kereta api, dan kapal," ujar Menhub Budi Karya Sumadi kepada wartawan di kantor Kementerian Perekonomian, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Pihak Kemenhub sudah mengkalkulasi kapasitas masing-masing moda angkutan mudik gratis. Jumlah kursi yang tersedia, menurut Budi, naik 70-80 ribu dibanding pada 2016.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran mudik gratis khusus moda kereta api sudah dibuka dalam dua tahap. Tahap pertama pada 16 Februari-16 April 2017, dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 penumpang.

Sedangkan tahap kedua pada 17 April-4 Juli 2017 (online) dengan mekanisme pendaftaran motor saja. Adapun untuk perjalanan arus balik, pendaftaran dilakukan pada 16 Mei-4 Juli 2017 di stasiun persinggahan KA mudik motor gratis di daerah.

Selain program mudik gratis, Kemenhub menyiapkan skema arus lalu lintas pada arus mudik 2017. Kemenhub sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti polisi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, serta Jasa Raharja.

"Yang berikutnya adalah merencanakan atau mem-pinpoint daerah-daerah yang kritis. Ada lima tempat yang diidentifikasi, Cipali, (Bandara) Soetta, Senen-Gambir, Batam, dan Balikpapan, dan Merak. Masing-masing punya rencana kerja dengan spesifik masalah," tutur Budi Karya.
(fdn/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed