Ketum PAN: Meski Hanya Bicara ke Prabowo, Pengaruh Pak JK Besar

ADVERTISEMENT

Ketum PAN: Meski Hanya Bicara ke Prabowo, Pengaruh Pak JK Besar

Erwin Dariyanto - detikNews
Kamis, 04 Mei 2017 13:46 WIB
Foto: dok. MPR RI
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah bila dianggap mengintervensi pencalonan Anies Baswedan sebagai kandidat Gubernur DKI kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. JK mengaku hanya berbicara dengan sejumlah ketua umum partai, termasuk dengan Prabowo.

Hal itu disampaikan JK untuk mengklarifikasi pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. Namun, menurut Zulkifli, meski hanya berbicara atau saran, masukan JK soal nama Anies Baswedan sangat berpengaruh.

"Pak JK itu politikus senior, tokoh HMI, tokoh KAHMI, tokoh Islam, tempat para ulama dan umat bertanya. Jadi, di kalangan umat Islam, pengaruh Pak JK besar," kata Zulkifli kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Menurut Zulkifli, saran dan perkataan JK, yang juga politikus senior Golkar, itu tentu sangat berpengaruh. "Tentu saran Pak JK itu sangat berpengaruh," papar Zulkifli.

[Gambas:Video 20detik]


Di tempat terpisah, Zulkifli mengatakan JK merupakan tokoh yang dihormati dan menjadi tempat berkonsultasi. "Pak JK ini kan tokoh yang dihormati oleh tokoh-tokoh Islam. Dihormati oleh umat Islam. Oleh karena itu, jadi tempat bertanya. Apalagi Pilkada DKI yang menjadi perhatian publik luas," kata Zulkifli setelah menghadiri acara di kantor Komisi Yudisial RI, Jalan Kramat Raya No.57, Kramat, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Zulkifli mengatakan Pilgub DKI mendapat sorotan masyarakat luas, mulai ulama hingga tokoh-tokoh besar. Sehingga itulah yang menjadi alasan JK menjadi tempat bertanya dalam kontestasi Pilgub DKI karena memiliki pengaruh yang besar.

"Pak JK ini kan, sekali lagi, tokoh yang paling senior, pengalamannya luas, dan sangat dihormati oleh umat. Jadi tentu pengaruhnya besar," katanya. (erd/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT