DetikNews
Selasa 02 Mei 2017, 19:16 WIB

Menteri LHK Ajak Menteri Denmark Cek Pencemaran di Teluk Jakarta

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Menteri LHK Ajak Menteri Denmark Cek Pencemaran di Teluk Jakarta Menteri LHK Siti Nurbaya (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengajak Menteri Kerja Sama Pembangunan Denmark Ulla Tørnæs untuk melakukan kunjungan ke Teluk Jakarta. Kunjungan itu bertujuan untuk meninjau kondisi pencemaran akibat sampah dan air limbah.

"Agendanya hari ini kita ingin membicarakan tentang wasted and polution control (sampah dan kontrol air limbah)," ujar Siti di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2017).

Siti menyebut penanganan sampah dan air limbah di Indonesia saat ini menjadi perhatian penting. Menurut Siti, kondisinya sangat serius.

"Kalau masalah sampah dan air limbah itu menurut saya ngeri ya kita melihatnya. Oleh karena itu nanti bersama ibu Ulla Tørnæs, Kita akan lihat sampah pantai dan bagaimana kontrolnya di perairan," sebutnya.

Siti menyebut ada beberapa titik lokasi yang akan ditinjau. Lokasi-lokasi tersebut, kata Siti, akan difokuskan pada lokasi yang banyak tercemar oleh sampah dan limbah air.

"Misalnya pompa Pluit, Kali Pesanggrahan dan tempat-tempat lainnya. Intinya daerah-daerah yang poluted (tercemar) ya," katanya.

Menurut Siti, pemerintah ingin ada kerja sama di bidang kebijakan pengelolaan sampah dan air limbah yang didapatkan dari kunjungan itu.

"Nanti kerja samanya di kebijakan. Di pedoman-pedoman manual dan juga bagaimana contoh-contoh di lapangannya. Bagaimana dengan masyarakatnya, teknis juga sampahnya ditangani," tutur Siti.

Denmark diketahui sudah lebih dulu mengambil inisiatif untuk memanfaatkan sampah menjadi sumber energi. Oleh karena itu, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada Indonesia, Ulla menyampaikan ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan.

"Saya datang ke sini untuk mengetahui lebih banyak tentang berbagai tantangan yang Indonesia hadapi dalam kaitannya dengan penanganan sampah dan air limbah, termasuk juga penanganan plastik di air," tuturnya.

Ulla juga menyebut kunjungan itu akan dilanjutkan dengan adanya kerja sama yang dijalin antara Indonesia dan Denmark. Khususnya mengenai pengelolaan sampah dan air limbah.

"Nanti juga akan ada penandatanganan kerja sama antara kedua negara mengenai bagaimana caranya untuk mengolah sampah dan limbah menjadi sumber energi seperti yang dilakukan di negara kami. Karena Denmark punya pengetahuan dan pengalaman mengenai hal itu yang ingin kita bagikan kepada Indonesia," tutupnya.
(dhn/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed