Mbah Gotho dan Daftar Manusia dengan Umur Terpanjang di Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
Selasa, 02 Mei 2017 18:16 WIB
Foto: Muchus Budi/detikcom
Jakarta - Ada sejumlah manusia di dunia ini yang berumur lebih dari satu abad. Mbah Gotho, pria asal Sragen yang menutup usia di umur 146 tahun, masuk jajaran manusia dengan umur terpanjang di dunia.

Rahasia umur panjang mereka beberkan dari menjaga pola makan, memiliki kesabaran, hingga tetap menjaga rasa humor dalam hidup. Namun bukan berarti berumur panjang tak membuat mereka merindukan kematian.

Dari sederet manusia yang dinobatkan sebagai yang tertua di dunia, ada nama Mbah Gotho asal Indonesia yang usianya mencapai 146 tahun. Sejumlah media internasional masih menuliskan frasa 'belum terverifikasi' terkait dengan usia Mbah Gotho. Hal itu merujuk pada minimnya literasi terkait dengan Mbah Gotho.

Verifikasi umur Mbah Gotho sudah dilakukan sebelum dia wafat. Verifikasi dilakukan melalui tes DNA. Sayangnya, sampai saat ini hasil tes tersebut belum keluar.

Baca Juga: Sebelum Wafat, Mbah Gotho Jalani Tes DNA


Apabila nantinya hasil tes DNA sudah keluar dan membuktikan bahwa Mbah Gotho berumur 146 tahun, Mbah Gotho akan dipastikan berada di urutan teratas dalam daftar manusia dengan umur terpanjang.

Berikut ini kisahnya:

1. Jeanne Louise Calment (122 tahun)

Guinness World Records pada 1993 menobatkan Jeanne Louise Calment sebagai manusia yang paling lama hidup di dunia hingga 122 tahun.

JeanneJeanne Louise Calment. (Guinness World Records)


Berdasarkan akta kelahirannya, Jeanne lahir pada 21 Februari 1875, tepat 14 tahun sebelum konstruksi Menara Eiffel dibuat. Setahun setelah kelahirannya, Alexander Graham Bell mematenkan penemuan telepon serta 10 tahun setelah Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln dibunuh.

Jeanne saat muda. Jeanne saat muda. (Internet)


Perempuan asal Prancis itu pernah bertemu dengan pelukis fenomenal Vincent van Gogh saat berkunjung ke Arles, Prancis, pada 1888. Saat itu Van Gogh datang untuk berbelanja di toko perlengkapan kesenian milik ayah Jeanne.

Dilansir dari CNN, Jeanne mengalami kebutaan dan hampir tuli. Di masa tuanya, dia harus bergerak dengan kursi roda. Jeanne punya kebiasaan merokok. Meski, dokter telah melarangnya merokok karena berbahaya bagi kesehatannya.

Dia juga senang minum wine serta makan makanan yang mengandung minyak zaitun. Resep panjang umurnya, disebut Jeanne, berkat selera humornya yang tinggi. Saat berulang tahun ke-120, sejumlah wartawan bertanya kepada Jeanne masa depan seperti apa yang ia dambakan.

"(Masa depan) yang sangat singkat," kata Jeanne.

Jeanne meninggal dunia pada 1997 di sebuah rumah pensiunan yang menjadi tempatnya selama 12 tahun.

2. Puan Ahmad (121 tahun)

Manusia yang berumur panjang lain yang tercatat dalam sejarah adalah Puan Ahmad. Perempuan asal Malaysia itu mencapai usia hingga 121 tahun. Dia lahir pada 12 April 1896.


Mbah Gotho dan Daftar Manusia dengan Umur Terpanjang di DuniaFoto: Kedah News


Puan wafat pada Jumat (28/4) lalu sekitar pukul 13.30 waktu setempat. Saat itu anak dan cucunya berada di sisi Puan hingga ia mengembuskan napas terakhir. Puan memiliki empat anak dan 70 cicit.

Puan Ahmad wafat pada 28 April lalu.Puan Ahmad wafat pada 28 April lalu. (Internet)


Dari penuturan putri bungsunya, Tom Khamis, sebelum wafat, Puan masih bisa berbicara dan makan seperti biasa.

"Dia masih memiliki nafsu makan, meski tidak sehat karena usianya yang sudah tua. Dia tidak ada penyakit, tapi merasa lelah selama dua minggu sebelum meninggal," ujar Tom, seperti dilansir Channel News Asia.


3. Emma Morano (117 tahun)

Emma Morano menjadi perempuan selanjutnya yang memiliki umur satu abad. Lahir di Verbania, Italia bagian utara, pada 22 November 1899, Emma hidup hingga 117 tahun.

Emma Morano di sebelah fotonya saat masih muda.Emma Morano di sebelah fotonya saat masih muda. (Internet)

Dalam wawancara dengan AFP pada 2016, Emma mengatakan rahasia umur panjangnya terletak pada pola makan.

"Saya makan dua butir telur sehari. Itu saja. Juga kue. Tapi saya tidak banyak makan karena saya tidak punya gigi," ujar Emma.

Emma saat ulang tahun di usia 117 tahun.Emma saat berulang tahun ke-117. (Internet)

Meski memiliki penyakit katarak, Emma menolak dibawa ke rumah sakit. Dia memilih bertahan di rumah dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Emma meninggal di rumahnya pada 15 April lalu di usia 117 tahun.

4. Sakari Momoi (112 tahun)

Pria asal Jepang, Sakari Momoi, hidup hingga usia 112 tahun. Dia lahir di Fukushima pada 5 Februari 1903 dan meninggal dunia pada 2015.

Momoi semasa hidup pernah membeberkan rahasia dapat hidup hingga usia melebihi satu abad. Makan makanan yang sehat hingga tidur malam yang cukup diyakini Momoi menjadi penyebab hidupnya panjang.

Sakari Momoi menerima penghargaan dari Guinness World Records.Sakari Momoi menerima penghargaan dari Guinness World of Records. (Guinness World of Records)

Momoi, yang pernah menjadi kepala sekolah di salah satu SMA di Jepang, tetap aktif di pengujung masa hidupnya. Dia belajar kaligrafi hingga mengikuti kegiatan rekreasional di rumah sakit yang menjadi tempat tinggalnya.

Pada Agustus 2014, Guinness World Records menobatkan Momoi sebagai pria tertua di dunia.


5. Alexander Imich (111 tahun)

Alexander Imich adalah salah satu pria tertua di dunia. Dia merupakan seorang pensiunan ahli kimia dan psikolog asal Polandia.

Alexander Imich yang hidup hingga 111 tahun.Alexander Imich, yang hidup hingga 111 tahun. (Guinness World Records)

Imich lahir di Polandia pada 1903. Kemudian pada 1939, dia bersama istrinya melarikan diri setelah Nazi menyerang. Mereka pindah ke Amerika Serikat pada 1951.

Imich wafat di usia ke-111 tahun pada 2014 di New York, Amerika Serikat.


5. Mbah Gotho (146 tahun)

Mbah Gotho disebut-sebut sebagai manusia tertua di dunia. Berdasarkan data di KTP-nya, Mbah Gotho diketahui lahir pada Desember 1870.

Mbah Gotho sudah pernah menikah empat kali, dan semua istrinya sudah meninggal. Dia berbagi pengalaman bahwa rahasia panjang umurnya adalah selalu bersabar.


Mbah Gotho.Mbah Gotho (Muchus Budi/detikcom)

Mbah Gotho memiliki keinginan agar ajal dapat menjemputnya. Bahkan ia telah menyiapkan nisan hingga jas untuk pemakaman sejak 1992.

Mbah Gotho.Mbah Gotho. (Muchus Budi/detikcom)

Keinginan Mbah Gotho yang mendamba ajal akhirnya terpenuhi pada Minggu (30/4) lalu. Dia meninggal di rumahnya setelah sempat dirawat di RSUD Sragen karena sakit.

Mbah Gotho wafat pada Minggu (30/4) lalu.Mbah Gotho wafat pada Minggu (30/4) lalu. (Bayu/detikcom)

Sejumlah media luar negeri, seperti BBC dan The Telegraph, bahkan turut memberitakan kematian Mbah Gotho, yang disebut sebagai manusia tertua di dunia. (nkn/fjp)