Katak Raksasa dari Sulsel di Antara Katak-katak Jumbo di Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
Selasa, 02 Mei 2017 12:40 WIB
Foto: Andrew Murray/NPL
Jakarta -

Katak banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis, salah satunya Indonesia. Di dunia diketahui ada lebih dari 4.000 jenis katak dan kodok dengan berbagai ukuran, warna kulit, hingga bentuk motif pada kulit.

Katak adalah hewan amfibi, yang dapat hidup di darat dan air. Katak dewasa ada yang dikategorikan sebagai karnivora yang dapat memakan serangga, cacing, hingga katak lainnya.

Sejarah mencatat, katak pertama kali dikenal pada era Jurassic, yakni sekitar 190 juta tahun yang lalu. Katak tersebut ditemukan di Arizona. Spesimen katak tersebut setelah diteliti bagian tulang dan keseluruhan tubuhnya mirip dengan katak yang ada saat ini.

Pada umumnya, katak berukuran 19-23 cm dengan berat 1,5-3 ons. Namun ternyata ditemukan katak yang memiliki berat hingga 3,3 kilogram.

Katak 'raksasa' itu disebut Goliath Frog, yang disebut-sebut sebagai katak terbesar di dunia. Habitat katak tersebut di Kamerun. Selain Goliath, baru-baru ini di Indonesia juga ditemukan katak dengan berat 1,5 kg di Enrekang, Sulawesi Selatan.

Selain kedua jenis itu, ada jenis katak lainnya yang memiliki ukuran raksasa di belahan dunia lainnya. Seperti apa penampakannya? Berikut ini ulasannya:


1. Katak Goliath (Goliath Frog)

Katak yang dinobatkan sebagai katak terbesar di dunia ini memiliki nama ilmiah Conraua goliath. Habitat katak raksasa ini di Kamerun dan di hutan hujan tropis.

Katak Goliath. Katak Goliath (Foto: dok. Internet)

Katak Goliath memiliki tinggi 30 cm dengan berat 3,25-3,3 kg. Katak ini biasanya keluar pada malam hari dan duduk di bebatuan sungai untuk mencari makanan. Makanan katak Goliath dewasa mulai serangga, ikan, jenis udang-udangan, hingga hewan amfibi lainnya.

Katak Goliath.Katak Goliath (Foto: dok. Internet)

Goliath termasuk hewan pemilih makanan. Ia hanya mau memakan hewan atau tumbuhan yang ditemukan di sekitar sungai atau air terjun. Sebab itu, spesies hewan ini hanya dapat ditemukan di sejumlah lokasi di dunia.

Katak Goliath.Katak Goliath (Andrew Murray/NPL)

Menariknya lagi, hewan ini termasuk jenis amfibi yang tertua di dunia. Sebab, Goliath sudah ada sejak 250 tahun yang lalu atau di era dinosaurus hidup. Katak ini dapat hidup hingga usia 15 tahun.

Namun International Union for Conservation Nature (IUCN) menyebut katak Goliath terancam punah karena mengalami jumlah penurunan spesies hingga 50 persen dalam populasinya.

2. Katak Setan (Devil Frog)

Jenis katak lainnya yang memiliki ukuran 'raksasa' adalah Devil Frog atau Katak Setan. Katak ini telah punah dari muka bumi. Namun, saat sejumlah peneliti menemukan fosilnya, Devil Frog memiliki ukuran yang besar dan disebut sebagai katak terbesar yang pernah ada di bumi.

Katak setan atau Devil Frog. Katak setan atau Devil Frog (Foto: dok. Internet)

Peneliti menemukan Devil Frog di Madagaskar. Katak yang memiliki nama ilmiah Beelzebufo ini memiliki ukuran 40 cm dengan berat 4,5 kg. Katak ini hidup pada 65-70 juta tahun yang lalu.

Katak ini memiliki hubungan kerabat dengan katak yang hidup di Amerika Selatan saat ini. Katak tersebut populer dengan sebutan katak ceratophyrines atau pac-man.


3. American Bullfrog

Jenis American Bullfrog juga disebut sebagai katak berukuran besar di dunia. Katak yang biasa ditemukan di Amerika Utara ini memiliki ukuran 20 cm dan berat 750-800 gram. Pada katak betina ukurannya dapat lebih besar.

American Bullfrog.American Bullfrog. (George Grall/National Aquarium)


Katak ini dapat ditemukan di kolam air tawar, rawa-rawa di Amerika Utara, Kanada, bahkan hingga Amerika Selatan dan Asia.

American Bullfrog.American Bullfrog. (George Grall/National Aquarium)

Ciri-ciri dari American Bullfrog yakni memiliki warna kulit hijau atau abu-abu dengan bintik-bintik berwarna cokelat.

American Bullfrog.American Bullfrog. Foto: George Grall/ National Aquarium

Mereka dapat menyantap segala jenis makanan seperti serangga, tikus, ikan, burung, hingga ular. Katak jantan biasanya lebih agresif dibanding betina.


4. Katak 'Raksasa' di Enrekang, Sulawesi Selatan

Di Indonesia, ditemukan katak berukuran 'raksasa' di Enrekang, Sulawesi Selatan. Ada sembilan ekor katak yang diketahui termasuk spesies Limnonectes Grunniens ini. Katak ini biasa ditemukan di Sulawesi, Papua, dan Maluku.

Katak Raksasa dari Sulsel di Antara Katak-katak Jumbo di DuniaFoto: Dok. Istimewa

Dosen biologi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Makassar, Muh Rizaldi, menjelaskan katak tersebut ditemukan rekannya pada 24 April 2017. Kejadiannya pada malam hari saat rekannya berada di kebun salak.

Katak Raksasa dari Sulsel di Antara Katak-katak Jumbo di DuniaFoto: dok. Istimewa


Katak raksasa ini memiliki berat rata-rata 1,5 kg.

"Lokasinya di Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Enrekang. Itu jarang-jarang, tapi adanya memang cuma di kawasan itu," ujar Rizaldi saat dihubungi detikcom, Senin (1/5). (nkn/fjp)