DetikNews
Senin 01 Mei 2017, 23:08 WIB

Ditanya Soal Buron, Miryam Haryani Mengaku Liburan dengan Anak

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Ditanya Soal Buron, Miryam Haryani Mengaku Liburan dengan Anak Miryam Haryani saat diserahkan polisi ke KPK, Senin (1/5/2017). Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA: Miryam Haryani Ditangkap
Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi Hanura, Miryam S Haryani mengaku sedang berlibur dengan keluarganya. Miryam kemudian ditangkap polisi karena berstatus buronan KPK.

"Lagi liburan sama anak," ujar Miryam saat ditanya soal pelariannya ketika keluar dari gedung KPK menuju mobil tahanan di Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (1/5/2017).

Namun Miryam tak memberikan penjelasan lanjutan soal liburan yang dimaksud. Dia juga meminta pertanyaan soal dirinya menunggu seorang pria saat ditangkap di Grand Kemang, ditanyakan kepada pengacara.

"Tanya pengacara saya,"katanya.

Miryam Haryani mengenakan rompi tahanan KPK, Senin (1/5/2017)Miryam Haryani mengenakan rompi tahanan KPK, Senin (1/5/2017) Foto: Edward Febriyatri/detikcom


KPK menetapkan Miryam sebagai tersangka dugaan memberi keterangan tidak benar atau keterangan palsu pada 5 April 2017. Dugaan keterangan palsu itu disebut KPK diberikan Miryam saat persidangan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto.

Penetapan tersangka ini tindaklanjut KPK setelah Miryam saat dihadirkan sebagai saksi pada persidangan 23 Maret 2017 mencabut keterangan dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Sambil menangis terisak, Miryam mencabut BAP soal bagi-bagi duit.

Pada 30 Maret 2017, Miryam yang dikonfrontir dengan penyidik KPK di persidangan menyatakan tetap mencabut keterangan dalam BAP karena mengaku diancam penyidik saat diperiksa.

Padahal penyidik KPK yang dikonfrontasi dalam persidangan menegaskan tidak ada penekanan saat proses pemeriksaan. Miryam di persidangan menyebut tidak tahu menahu soal dugaan korupsi e-KTP termasuk dugaan bagi-bagi duit di Senayan sebagaimana dakwaan jaksa KPK.

Miryam Haryani ditahan penyidik KPK, Senin (1/5/2017)Miryam Haryani ditahan penyidik KPK, Senin (1/5/2017) Foto: Edward Febriyatri/detikcom


KPK kemudian menjadwalkan pemeriksaan pada 13 April dan 18 April, namun tidak dipenuhi Miryam. Akhirnya pada Kamis, 27 April, Miryam ditetapkan sebagai buronan hingga akhirnya ditangkap pada Senin (1/5) sekitar pukul 02.00 WIB bersama adiknya di Hotel Grand Kemang.

Dalam perkara ini KPK menjerat Miryam dengan Pasal 22 juncto Pasal 35 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Atas penetapan status tersangka, pengacara Miryam mendaftarkan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.


(fdn/rna)
FOKUS BERITA: Miryam Haryani Ditangkap
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed