DetikNews
Senin 01 Mei 2017, 12:18 WIB

Situs Dinsos DKI Diretas, Kini Dalam Perbaikan

Elza Astari Retaduari - detikNews
Situs Dinsos DKI Diretas, Kini Dalam Perbaikan Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Situs Dinas Sosial DKI sempat diretas pada Minggu (30/4) malam. Saat ini, situs tersebut masih dalam perbaikan.

"Ya beberapa waktu memang web Dinsos tidak bisa diupdate beritanya. Itu dari kemarin. Jadi kami tahunya pas kita mau upload berita Dinsos kok susah, ternyata jadi begitu. Tiba-tiba dihack," ungkap Kasie Seksi Promosi dan Informasi Dinsos DKI Miftahul Huda saat dikonfirmasi detikcom, Senin (1/5/2017).

Miftahul mengaku heran mengapa situs Dinsos DKI menjadi korban peretasan. Selama ini web dinsos menurutnya hanya memberitakan soal program-program kerja.

"Saya juga heran mengapa mereka meretas web Dinsos. Berita-berita yang ditampilkan Dinsos DKI selama ini juga biasa saja hanya memberitakan kegiatan Dinsos," kata Miftahul.

"Kemudian juga Sudinsos lima wiĺayah kota, panti-panti milik dinsos. Tidak ada berita yang menjurus ke politik praktis atau salah satu paslon," tambah dia.

Situs Dinsos DKI dikelola oleh Jakarta Smart City. Perbaikan situs yang diretas itu butuh waktu beberapa hari.

"Mereka sedang memperbaiki web tersebut agar segera bisa normal kembali. Mungkin beberapa hari ke depan sudah bisa normal kembali," ujar Miftahul.

Saat diakses detikcom pada pukul 12.00 WIB, tertulis keterangan 'This page is under constuction. Please Come Back Soon!' (halaman ini sedang dalam perbaikan, silakan kembali lagi) di situs Dinsos DKI.

Dari foto tampilan layar situs Dinsos DKI yang beredar, tampak situs itu jadi berwarna hitam saat diretas. Dalam tampilan peretasan, terlihat foto rumah-rumahan. Hacker yang meretas situs ini menamakan dirinya 'Phoenix Team'. Ada beberapa nickname tertulis pada tampilan itu. Mereka adalah d3xj - Dr3amLess - Rx_XinHad - Karyo - ./LegionLeader - N3va. Mereka menyinggung soal DP Rp 0 milik pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.
(elz/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed