DetikNews
Minggu 30 April 2017, 20:41 WIB

Mbah Gotho Manusia Berusia 146 Tahun Asal Sragen Meninggal Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
Mbah Gotho Manusia Berusia 146 Tahun Asal Sragen Meninggal Dunia Foto: Muchus Budi/detikcom
Jakarta - Mbah Gotho, lelaki asal Sragen, Solo yang disebut sebagai pria tertua di dunia meninggal dunia di usia 146 tahun pada hari ini. Keinginan Mbah Gotho yang mendambakan ajal akhirnya terwujud.

Kabar meninggalnya Mbah Gotho disampaikan oleh Wakapolsek Sambungmacan, Iptu Zaeni. Dia mengatakan, Mbah Gotho meninggal pada pukul 17.45 WIB tadi. Sebelumnya ia sempat dirawat di RSUD Sragen.

"Telah meninggal dunia Bapak Sodimejo Alias Mbah Gotho pada usia 146 tahun dikarenakan sakit," kata Zaeni kepada detikcom, Minggu (30/4/2017).

Zaeni mengatakan, sebelum menghembuskan nafas terakhir, Mbah Gotho sempat dirawat beberapa kali di RSUD Sragen karena sakit. Namun, dia meminta kepada keluarga untuk dibawa pulang ke rumah.

Mbah Gotho di masa hidupnya.Mbah Gotho di masa hidupnya. Foto: Muchus Budi/detikcom

"Sebelumnya Mbah Gotho telah dirawat di RSUD Sragen pada tanggal 12 April 2017 sampai tanggal 17 April 2017, namun yang bersangkutan minta kepada pihak keluarganya untuk dibawa pulang ke rumahnya," kata Zaeni.

Rencananya, jenazah Mbah Gotho akan dimakamkan pada Senin (1/5) besok pada pukul 11.00 WIB di Taman Pemakaman Umum Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan, Sragen.

Mbah Gotho berdasarkan catatan KTP yang dikeluarkan Pemkab Sragen lahir pada Desember 1870. Gotho juga bisa menceritakan soal pabrik gula di daerahnya yang dibangun pada akhir 1800-an.

Mbah Gotho, Manusia Berusia 146 Tahun Asal Sragen Meninggal DuniaFoto: Muchus Budi/detikcom


Gotho yang sudah menyiapkan kematiannya sejak 1993 mengaku berharap bisa segera meninggal dalam wawancara dengan detikcom pada 2016 lalu.

Mbah Gotho, Manusia Berusia 146 Tahun Asal Sragen Meninggal DuniaFoto: Muchus Budi/detikcom

"Rumput tak lagi ada, tumbuhan tak lagi ada, hewan tak lagi ada, semua telah menjadi gendhing. Anda masih melihat semua itu ada, tapi saat ini bagi saya telah menjadi gendhing. Saya telah di hadapan jagad ageng itu sekarang, tinggal menunggu saatnya saja," kata Mbah Gotho tenang.

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed