DetikNews
Sabtu 29 April 2017, 23:38 WIB

Partisipasi Pemilih Capai 78%, KPU DKI: Ini Lewati Target Nasional

Jabbar Ramdhani - detikNews
Partisipasi Pemilih Capai 78%, KPU DKI: Ini Lewati Target Nasional Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom
Jakarta - Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan partisipasi pemilih pada Pilgub DKI putaran kedua mencapai 78 persen. Sumarno menyebut ada peningkatan partisipasi pemilih dibandingkan pada Pilgub DKI putaran pertama.

Sumarno mengatakan angka itu didapatkan dari hasil situng data formulir C1. Capaian 78 persen ini juga sekaligus melampaui target angka partisipasi pemilih nasional.

"Kalau merujuk pada hasil situng kemarin, input data C1, partisipasi pemilih ada peningkatan. Putaran pertama 75,75 persen. Di putaran kedua 78 persen. Ini melampaui target nasional yang 77,5 persen," kata Sumarno di Hotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4/2017).

Meski begitu, Sumarno mengatakan akan menunggu hasil rekapitulasi yang sedang dilakukan di tingkat provinsi. Dia mengaku cukup puas atas capaian angka partisipasi pemilih tersebut.

"Target nasionalnya 77,5 persen. 78 persen sudah cukuplah saya kira," ujarnya.

Berdasarkan data real count yang ada di situs resmi KPU, tercatat ada 5.661.895 suara yang masuk. Sementara yang terdaftar sebanyak 7.257.204 suara. Ada sebanyak 22 persen warga yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Sementara pada putaran pertama, tercatat partisipasi pemilih mencapai 77,1 persen atau ada sebanyak 5.563.207 yang menggunakan hak pilih.
(jbr/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed