Hak Angket KPK

Ini Nama-nama Anggota DPR Inisiator Angket KPK

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jumat, 28 Apr 2017 17:39 WIB
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - DPR telah menyetujui usulan hak angket KPK meski banyak penolakan dari sejumlah fraksi. Siapa saja inisiator dari hak angket ini?

Beredar daftar yang berisi nama-nama pengusul hak angket KPK. Namun hanya ada 19 nama dari daftar yang beredar di kalangan wartawan, Jumat (28/4/2017). Padahal, secara aturan, hak angket baru bisa diusulkan oleh 25 anggota DPR dari minimal dua fraksi.

Dari 19 nama tersebut, paling banyak adalah dari Fraksi Partai Golkar. Namun juga ada beberapa nama anggota dari fraksi yang menolak hak angket KPK.

Ini Nama-nama Anggota DPR Inisiator Angket KPKNama-nama inisiator hak angket KPK. (Foto: dok. Istimewa)
Seorang pimpinan mengkonfirmasi mengenai data tersebut. Namun data yang beredar ini merupakan data kesimpulan setelah Komisi III rapat dengan KPK. Pada rapat yang digelar sejak Selasa (18/4) hingga Rabu (19/4) dini hari, KPK bergeming atas permintaan Komisi III dan tetap menolak membuka rekaman pemeriksaan Miryam S Haryani.

Saat itu, sejumlah anggota Komisi III memang menyerukan pengajuan hak angket. Namun belakangan, beberapa fraksi yang anggotanya ikut meneken usulan angket itu menyatakan menolak, seperti Gerindra dan PKS.

[Gambas:Video 20detik]


Adapun 19 nama yang ikut meneken usulan hak angket adalah sebagai berikut:

Fraksi Partai Golkar
Syaiful Bahri Ruray
Endang Srikarti Kandayani
Agun Gunandjar
Anton Sihombing
Noor Achmad
Ridwan Bae
Muhammad Nur Purnamasidi
Nawafie Saleh
Ahmad Zacky Siradj
Adies Kadir

Fraksi PDIP
Masinton Pasaribu
Eddy Wijaya Kusuma

Fraksi PKS
Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR)

Fraksi Partai Gerindra
Desmon J Mahesa

Fraksi PPP
Arsul Sani

Fraksi PAN
Daeng Muhammad

Fraksi NasDem
Taufiqulhadi
Ahmad Sahroni

Fraksi Partai Hanura
Dossy Iskandar

Ini Nama-nama Anggota DPR Inisiator Angket KPKNama-nama inisiator hak angket KPK (Foto: dok. Istimewa)
detikcom sudah berusaha mengontak nama-nama yang ada di daftar tersebut. Namun belum ada yang merespons, baik dari telepon maupun pesan singkat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut permintaan hak angket ditandatangani oleh 25 pengusul. Dia juga menyatakan hanya ada dua fraksi yang menolak usulan, namun belakangan ada empat fraksi yang secara resmi menyatakan menolak.

"Dari Komisi III DPR adalah lanjutan permohonan angket yang ditandatangani 25 pengusul dari 8 fraksi, besok dipersilakan pengusul untuk dibacakan," ujar Fahri Hamzah di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/4).

Fahri juga yang mengetok persetujuan hak angket di sidang paripurna hari ini, meski ada banyak penolakan dari anggota Dewan. Sebelum setiap fraksi di DPR dimintai tanggapan terkait hak angket, Fahri langsung mengetok tanda menerima usulan.

Padahal biasanya, dalam setiap sidang paripurna, setiap fraksi diminta menyampaikan pandangan akhir sebelum pengambilan keputusan apa pun, apalagi itu isu sensitif. Tindakan Fahri di sidang paripurna hari ini menyebabkan aksi walkout anggota Fraksi Gerindra dari ruang sidang. (elz/van)