DetikNews
Jumat 28 April 2017, 04:45 WIB

LPSK Beri Perlindungan ke Saksi dan Korban Penembakan di Sumsel

Rivki - detikNews
LPSK Beri Perlindungan ke Saksi dan Korban Penembakan di Sumsel Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akan mengawal kasus penembakan 1 keluarga di dalam mobil yang dilakukan Brigadir K di Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel). LPSK menjamin keselamatan korban dan saksi kejadian.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai mengatakan, tim LPSK sudah turun ke Sumsel, baik ke Palembang untuk berkoordinasi dengan Polda Sumsel maupun ke Lubuklinggau untuk bertemu dengan para korban selamat dari kejadian tersebut.

"Tim sudah berkoordinasi dengan pihak penyidik, dalam hal ini Polda Sumsel untuk mengoordinasikan layanan LPSK yang bisa diakses para korban," ujar Semendawai, dalam siaran persnya kepada detikcom, Kamis (27/4/2017).

Menurut Semendawai, sesuai amanat UU Perlindungan Saksi dan Korban, para saksi maupun korban dalam kasus penembakan di Lubuklinggau juga bisa mengakses layanan LPSK, seperti bantuan medis maupun psikologis dan hak-hak lainnya.

Informasi di lapangan pihak penyidik sangat terbuka dalam menangani kasus ini terhadap LPSK. Mereka juga menyambut baik kehadiran LPSK untuk membantu pemenuhan hak-hak korban serta memfasilitasi korban dalam menjalani proses pemeriksaan guna mengungkap kasus ini.

Meskipun untuk awal biaya pengobatan medis sudah ditanggung pihak kepolisian, LPSK tetap mem-back up karena bisa jadi pengobatan para korban akan berlanjut termasuk dalam pemulihan psikologisnya.

Tim LPSK sendiri sudah berkoordinasi baik dengan Direktorat Reskrimum maupun Bidang Propam Polda Sumsel.
(rvk/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed