DetikNews
Selasa 25 April 2017, 21:22 WIB

Jambore Nasional di Ambon, Menpora: Pemuda Harus Majukan Maritim RI

Faieq Hidayat - detikNews
Jambore Nasional di Ambon, Menpora: Pemuda Harus Majukan Maritim RI Jambore Nasional 2016 (Faieq/detikcom)
Ambon - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menghadiri Jambore Nasional Poros Maritim Dunia Se-Indonesia Ke-2 di gedung Islamic Center Ambon, Maluku. Menpora Imam Nahrawi berharap para pemuda memiliki tekad memajukan kemaritiman Indonesia.

"Presiden Joko Widodo memiliki perhatian tinggi pada hal kelautan. Arah pembangunan maritim dalam Nawacita Presiden Jokowi sungguh jelas, ingin mengembangkan semua potensi maritim melalui pengembangan kapasitas ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya alam dan manusia kemaritiman untuk mengembalikan kedaulatan maritim Indonesia," kata Imam saat Jambore Nasional Poros Maritim II bertema 'Beta Indonesia, Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim' di gedung Islamic Center, Jalan Waihaong Pantai, Ambon, Maluku, Selasa (25/4/2017).

Imam menilai pemuda adalah aset yang berharga bagi bangsa dan negara. Karena itu, kata dia, pemuda harus berupaya melanjutkan Indonesia menjadi poros maritim dunia sesuai Nawacita.

"Prestasi olahraga di daerah maritim sudah banyak berbicara di ajang event internasional. Saya juga tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk mengajak para pemuda maritim di sini bahwa tahun depan kita akan menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga paling bergengsi di kawasan Asia," ujar dia.

Dia berharap pemuda juga berpartisipasi dalam Asian Games 2018. Pemuda juga bisa menjadi bagian relawan Asian Games.

"Saya mengajak seluruh anak muda untuk menggelorakan Asian Games 2018 dari daerahnya masing-masing. Pada bulan November nanti akan dibuka kesempatan untuk menjadi relawan Asian Games bagi anak-anak muda dari seluruh Indonesia. Saya ajak untuk berpartisipasi dan menyukseskan acara ini," kata dia.

Jambore II bertujuan membangun ekonomi pemuda dalam pemanfaatan sumber daya alam dan kelautan, membangun kapasitas iptek kelautan, memelihara sumber daya kelautan, meningkatkan budaya maritim bangsa dan, pilot project pengembangan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus mengatakan saat ini pihaknya tengah berfokus melakukan program pemerintah bidang maritim. Karena itu, KNPI tak boleh menjadi kepentingan partai politik.

"KNPI saat ini gandeng pemerintah Jokowi-JK, kita kawal sampai 2019. Program pemerintah berfokus pada maritim, kami juga akan concern dan fokus pada pulau terluar. Maka dari itu, kami pernah deklarasi Satgas Maritim Pemuda. Lewat maritim harapan pemuda, KNPI jangan menjadi sarana jual jargon kepentingan parpol, tapi KNPI menjadi manfaat bangsa dan negara," kata Rifai.


Jambore Nasional di Ambon, Menpora: Pemuda Majukan Maritim RIJambore Nasional 2016 (Faieq/detikcom)

Kegiatan ini dihadiri 1.000 peserta yang terdiri atas utusan KNPI, organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan usur pemuda lainnya. Sedangkan pejabat yang hadir antara lain Sekda Maluku Hamin Bin Thahir, Pangdam Pattimura Mayjen Doni Monardo, dan jajaran Pemprov Maluku.
(fai/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed