DetikNews
Selasa 25 April 2017, 18:08 WIB

DPRD Riau Pilih Wan Thamrin Hasyim Jadi Wagub

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
DPRD Riau Pilih Wan Thamrin Hasyim Jadi Wagub Wan Thamrin Hasyim (Chaidir Anwar T/detikcom)
Pekanbaru - Sidang paripurna DPRD Riau akhirnya memilih Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau untuk mengisi sisa jabatan 2014-2019. Hasil sidang paripurna akan disampaikan kepada Kemendagri.

Sidang paripurna pemilihan Wagub Riau ini dilaksanakan di gedung DPRD Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru, Selasa (25/4/2017). Agenda pemilihan ini ada dua calon, yakni Ruspan Aman (nomor 1) dan Wan Thamrin Hasyim (nomor 2). Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serta jajaran Forkompinda menghadiri acara tersebut.

Pada putaran pertama, ada 62 anggota Dewan yang hadir dari jumlah 65 orang. Pemungutan suara pertama, dari kedua kandidat menghasilkan suara yang sama 31, sehingga dilakukan pemilihan putaran kedua.

Untuk putaran kedua, satu anggota Dewan bertambah memberikan hak suara, sehingga menjadi 63 orang. Hasilnya, Wan Thamrin Hasyim memperoleh 40 suara, sedangkan rivalnya 23 suara.

Dengan demikian, sidang paripurna ini menetapkan Wan Thamrin Hasyim sebagai Wagub Riau mengisi kekosongan selama ini. Terpilihnya Wan Thamrin membuat gemuruh isi ruang sidang paripurna. Wan Thamrin Hasyim merupakan Bupati Rokan Hilir periode 2001-2006.

Ketua panitia penyelenggara, Aherson, dalam kesempatan itu mengatakan pemilihan berjalan lancar. "Jalannya pemilihan, walau alot, tetap lancar. Ini pemilihan yang demokratis tanpa ada embel-embel apa pun," kata Aherson.

Selanjutnya, ketua panitia pemilihan menyerahkan berkas pemilihan Wagub Riau kepada Ketua DPRD Riau Septina Primawati.

Suasana sidang paripurna DPRD RiauSuasana sidang paripurna DPRD Riau (Chaidir/detik)

Sementara itu, secara terpisah Kepala Biro Humas Pemprov Riau Darusman mengatakan hasil rapat paripurna ini akan diserahkan pihak DPRD Riau ke Kemendagri.

"Hasil pemilihan ini akan diserahkan ke Kemendagri untuk mendapatkan SK pengangkatan," kata Darusman.

Untuk sekadar diketahui, kedua kandidat Wagub Riau itu sama-sama pengurus Partai Golkar. Ini karena saat Pilgub Riau tahun 2014, Golkar Riau mengusung Annas Maamun dan Arsyadjuliandi Rachman. Belakangan, setahun menjabat, Annas Maamun tertangkap KPK dalam kasus korupsi.

Setelah Annas menjalani hukuman, secara otomatis diberhentikan sebagai Gubernur Riau. Arsyadjuliandi Rachman pun diangkat menjadi Gubernur Riau sehingga posisi Wagub Riau kosong. Untuk mengisi kekosongan tersebut, DPRD Riau menggelar sidang paripurna, yang akhirnya memilih Wan Thamrin Hasyim.
(cha/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed