DetikNews
Selasa 25 April 2017, 13:25 WIB

Minggu Ini Dishub akan Pasang Gerbang Parkir di Kalijodo

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu Ini Dishub akan Pasang Gerbang Parkir di Kalijodo Kalijodo (Jabbar/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana memasang gerbang (gate) parkir di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Upaya pemasangan gerbang ini akan dilakukan minggu ini.

Wakadishub DKI Sigit Wijatmoko mengatakan hal ini dilakukan untuk dapat menghitung jumlah kendaraan yang keluar dan masuk RPTRA Kalijodo.

"Kita, Dinas Perhubungan, minggu ini kita akan selesaikan pemasangan gate. Kenapa kita pakai gate, pertama, memastikan jumlah kendaraan yang masuk dan diperkenankan untuk parkir. Karena kan ada counting-nya kalau pakai gate," kata Sigit di lokasi, Jalan Kepanduan II, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (25/4/2017).

WakadishubWakadishub (Jabbar/detikcom)
Dia menambahkan, dengan adanya sistem gate, diharapkan Jalan Kepanduan II masih dapat berfungsi sebagai jalan inspeksi. Dengan demikian, ada keteraturan ruang di dalamnya.

"Kedua, memastikan fungsi dari jalan inspeksi ini bisa dipakai. Kalau pakai gate, kita menerapkan 15 menit masih gratis. Kalau kita tidak batasi jumlah, khawatir karena di sini juga ada skate track. Di sini ada track skateboard, BMX, khawatir kalau ada kecelakaan untuk medical evacuation takutnya terhambat," tuturnya.

Dia mengatakan hampir semua ruang yang ada dipakai menjadi tempat parkir. Termasuk kendaraan roda dua yang menempati ruang trotoar untuk parkir.

Rencananya, nanti mobil dapat parkir di lajur sebelah kiri jalan yang memanjang dari arah barat ke utara. Sedangkan untuk sepeda motor akan dicarikan tempat lain.

Pihak Dishub berencana mengajak PT Jasa Marga menggunakan lahan di bawah Jalan Tol Sedyatmo. Sebab, di lokasi tersebut sudah ada bangunan semipermanen yang dipakai warga.

"(Parkir motor) nanti akan kita sediakan space. Kita melihat potensi di kawasan sekitar. Jadi kita juga sedang kerja sama dengan Jasa Marga untuk menggunakan space yang ada di kolong tol. Sebenarnya membantu mengamankan aset mereka juga. Karena kan di bawah jembatan ini juga banyak alih fungsi yang lain ya," ujar dia.

Dishub akan membangun dua gerbang pintu parkir di pintu masuk dan pintu keluar. Nantinya parkir ini akan dikelola langsung oleh UPT Perparkiran Dishub DKI. Untuk pembiayaan, Sigit mengatakan tidak perlu menunggu adanya APBD Perubahan.

"UPT Perparkiran kan BLU yang bisa atau punya fleksibilitas dalam penyusunan rencana bisnis dan penganggaran. Jadi tidak masalah. Kalaupun konsepnya kerja sama, nanti bisa dikembalikan uang dari penerimaan atau pendapatan ini. Itu tak masalah, hal yang biasa. Artinya tidak perlu menunggu APBD perubahan," ujarnya.

Sementara itu, Sigit mengatakan, terminal parkir elektrik (TPE) yang sudah ada akan dicopot untuk dipindahkan ke ruas jalan lainnya. Namun Sigit belum menyebutkan letak lokasi pemindahan TPE tersebut.

Anda menyaksikan video khas 20detik




(jbr/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed