DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 23:46 WIB

Pesan Menteri dan Pilot Perempuan untuk 'Kartini Milenial'

Nita Sari - detikNews
Pesan Menteri dan Pilot Perempuan untuk Kartini Milenial Foto: Nita Sari/detikcom
Padang - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise menitip pesan kepada perempuan milenial di Hari Kartini. Dia mengatakan generasi muda Indonesia harus terus memaksimalkan potensi diri.

Menurut Yohana, perjuangan wanita sekarang telah banyak perubahannya dibanding zaman Kartini dulu. Perubahan tersebut mulai dari teknologi hingga perubahan perilaku yang bisa memunculkan hal tak terduga.

"Oleh karena itu, perjuangan besar di zaman sekarang Kartini ini harus mempersiapkan Kartini-Kartini yang muda untuk nantinya berhadapan dengan dunia mereka," ucap Yohana dalam kegiatan 'Kartini Flight' oleh Garuda Indonesia di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Jumat (21/4/2017).



Yohana mengimbau agar wanita selalu diarahkan pada pendidikan yang lebih baik. Ia menyebutkan perempuan Indonesia cukup maju di bidang pendidikan. Namun angka partisipasi kerja perempuan masih rendah dibanding laki-laki.

"Pendidikan ini, kalau tidak salah di perguruan tinggi, perempuan sudah lebih tinggi daripada laki-laki hasilnya. Namun angka partisipasi kerja perempuan masih 70:30. 30 itu karena masih sering masuk ke domestik, ke rumah tangga kelompok keluarga. Itu yang saya memang sesalkan. Namun kita belum patah semangat," tandasnya.
Pesan Menteri dan Pilot Perempuan untuk 'Kartini Milenial'Foto: Nita Sari/detikcom

Selain Menteri Yohana, sosok Kartini di dunia penerbangan juga membagikan pesannya. Kapten Ida Fiqriah, kapten pilot wanita pertama di Garuda Indonesia, meminta perempuan berfokus pada bidang masing-masing.

"Kalau saya bisa berbagi, fokuslah 100% di mana pun kamu berada. Di saat bekerja, fokus jadi pekerja 100%. Saat jadi ibu rumah tangga, fokus jadi ibu rumah tangga 100%," ungkap Ida di Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah penerbangan Kartini Flight.

Seperti diketahui, peringatan Hari Kartini dilakukan secara simbolis. Tapi di luar itu, pesan untuk kesetaraan wanita selalu digaungkan.
(jor/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed