DetikNews
Jumat 21 April 2017, 18:59 WIB

Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Langkat Sumut

Jefris Santama - detikNews
Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Langkat Sumut Foto: Jefris Santama/detikcom
Medan - Seekor gajah ditemukan mati di Dusun Pancasila, Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lapan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Gajah berjenis kelamin betina itu diperkirakan umur 12-15 tahun.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Hotmauli Sianturi mengatakan, petugas pertama kali mendapat laporan soal kematian gajah tersebut pada Selasa (18/4) sekitar pukul 12.00 WIB di areal kebun perusahaan perkebunan.

Petugas yang mendapat laporan dari warga kemudian menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Keesokan harinya, tim gabungan penanganan meluncur ke lokasi untuk melakukan kegiatan autopsi atas penyebab kematian gajah.

"Dengan kondisi medan yang cukup berat, tim penanganan tiba di lokasi dan ditemukan bangkai gajah. Kemudian dilakukan pengamatan, ada keberadaan anak gajah terpantau sudah memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang jaraknya berkisar 1 kilometer dari penemuan gajah di lokasi," kata Hotmauli kepada wartawan di kantornya di Medan, Jumat (21/4/2017).

Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Langkat SumutFoto: Jefris Santama/detikcom

Ia menerangkan, bangkai gajah itu ditemukan di alur sungai. Autopsi dilakukan oleh tenaga medis. Hasil pengamatan, tidak ditemukan luka yang signifikan menjadi penyebab kematian gajah. Namun, ia belum bisa menyimpulkan kematian gajah itu.

Pada kaki gajah, lanjut Hotmauli, ditemukan luka kecil dan bekas luka lama. Diperkirakan, gajah tersebut sudah mati lebih dari 48 jam setelah dilakukan autopsi.

"Beberapa sampel bagian tubuh dari gajah telah dibawa untuk uji laboratorium guna mengetahui penyebab kematian satwa tersebut. Kemudian, bangkai gajah dikuburkan tidak jauh dari areal lokasi penemuannya," tutup Hotmauli.
(try/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed