DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 17:51 WIB

Kapal Diduga Bawa Kerangka Seven Skies Kabur Usai Disergap TNI

Faieq Hidayat - detikNews
Kapal Diduga Bawa Kerangka Seven Skies Kabur Usai Disergap TNI Jumpa pers soal kapal asing diduga mencuri kerangka kapal Seven Skies di Anambas, Kepulauan Riau (Foto: Faiq Hidayat-detikcom)
Jakarta - Kapal asing yang diduga membawa kerangka kapal karam Seven Skies dan Igara di perairan Anambas, Kepulauan Riau, kabur dari pengawasan personel TNI AL. Masih dilacak keberadaan kapal asing tersebut.

"Hari ini sebenarnya ingin mengumumkan berita penangkapan luar biasa besar. Namun karena situasi kapal belum jelas posisi, yang kita (sudah) lakukan evakuasi ABK," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujdiastuti dalam jumpa pers di kediaman dinasnya, Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/4/2017).

Kapal berbobot 8352 GT ini ditangkap pada Kamis, 20 April sekitar pukul 14.30 WIB. Namun kapal asing itu kabur sekitar pukul 00.00 WIB, Jumat (21/4) dini hari tadi.

 Jumpa pers soal kapal asing diduga mencuri kerangka kapal Seven Skies di Anambas, Kepulauan Riau Jumpa pers soal kapal asing diduga mencuri kerangka kapal Seven Skies di Anambas, Kepulauan Riau Foto: Faiq Hidayat-detikcom


Meski kapal kabur, personel TNI AL lebih dulu mengamankan seluruh anak buah kapal (ABK) di Tarempa dan Jemaja, Riau. Kini sedang dilacak keberadaan kapal asing tersebut.

"Kapalnya sendiri belum didapatkan, cuaca kurang baik dan kita mencoba untuk KRI dan pesawat untuk mencari melacak sampai di mana. Kemungkinan besar sudah di perairan internasional dan kami minta bantuan Interpol karena sudah masuk zona Internasional," kata Susi.

Kapal tersebut menurut Susi diduga mencuri sisa kerangka kapal Seven Skies milik Swedia dan kapal Igara milik Jepang yang tenggalam pada tahun 1969.

"Waktu diperiksa sudah ada 1.000 ton metal tapi sudah keburu kabur. ABK 20 orang, 16 Cina, 3 India, 1 Malaysia," tutur Susi.


(fai/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed