DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 17:31 WIB

Antisipasi Macet di Libur Panjang, Polisi Minta Truk Tak Lewat Tol

Bartanius Dony - detikNews
Antisipasi Macet di Libur Panjang, Polisi Minta Truk Tak Lewat Tol Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengimbau agar kendaraan besar seperti truk untuk tidak melintas di tol pada Jumat (21/4) hingga Senin (24/4). Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan saat long weekend minggu ini.

"Kami mengimbau agar angkutan berat truk, melalui Dirjen Perhubungan Darat, agar truk tidak beroperasi di hari Jumat, Sabtu, maupun arus balik di hari Senin," kata Royke, di kompleks Mabes Polri Jalan, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, peningkatan volumen kendaraan bisa dikurangi bila operasional truk dibatasi. Royke juga mengatakan bila truk memakan badan jalan sebesar 20 hingga 30 persen.

Pada Senin (24/4) mendatang adalah libur Isra Mi'raj dan biasanya, warga Jakarta akan menikmati libur long weekend itu ke luar kota.

Untuk di dalam kota sendiri, ada sejumlah titik kemacetan di antaranya di daerah Semanggi arah tol Kebon Jeruk, kemudian dari Cawang hingga Cikampek dan Tol Jagorawi. Sementara titik kemacetan yang paling krusial adalah di Tol Cikarang Utama.

"Apalagi sekarang ada titik macet di pintu Cikarang Utama, apalagi ada pekerjaan perbaikan jalan di dua titik setelah Cikarang itu. Itu yang membuat bertambah kecilnya kapasitas jalan tol cikampek," terang Royke.

Jika terjadi kemacetan di ruas itu, Royke menjelaskan ada beberapa langkah yang akan dilakukan yaitu dengan pengalihan arus dan sistem buka tutup jalur.

"Serta penggelaran anggota di jalan yang dengan cepat mendeteksi jika ada penyebab-penyebab kemacetan yang insidentil seperti kecelakaan, ada kerusakan truk," jelasnya.

Dia pun mengaku akan bekerja sama dengan beberapa Polda untuk antisipasi kemacetan libur panjang ini di antaranya adalah dengan Polda Banten, Polda Jabar, Polda Lampung, dan Polda Jateng. Setiap polda sudah menyiapkan pasukan sebanyak hampir 1.000 personel untuk mengatur arus lalu lintas saat long weekend nanti.

"Kami menyiapkan agar lalu lintas libur yang cukup panjang ini lancar, nyaman, aman sampai tujuan," pungkas Royke.
(brt/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed