DetikNews
Jumat 21 April 2017, 13:56 WIB

Kemenlu: Wapres AS Puji Kerukunan Umat di Indonesia

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Kemenlu: Wapres AS Puji Kerukunan Umat di Indonesia Wapres AS Michael Richard Pence (Reuters/Bay Ismoyo)
Jakarta - Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Arrmanatha Nasir menyebut Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence memuji kerukunan umat beragama di Indonesia. Menurut Pence, hal itu bisa menjadi inspirasi dunia.

"Seperti yang saya sampaikan, Indonesia dan AS sama-sama negara demokrasi besar. Mike Pence menyampaikan Indonesia sebagai inspirasi dunia. Karena di Indonesia ini ada kerukunan beragama di tengah kemajemukan di Indonesia yang juga di saat bersamaan memiliki penduduk Islam terbesar di dunia. AS bekerja sama dengan Indonesia terus mendorong pluralisme dan demokrasi harmonis," ucap Tata, sapaan akrab Arrmanatha, dalam press briefing di kantornya, Jalan Pejambon, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).

Selain itu, Tata menyebut ada sejumlah hal penting yang dibahas Pence dalam kunjungannya ke Indonesia. Menurut Tata, kerja sama yang dilakukan AS-Indonesia menunjukkan komitmen kemitraan strategis.

"Ada beberapa poin yang bisa kita ambil. Yang pertama adalah kunjungan ini menunjukkan komitmen kuat administrasi baru AS terhadap kemitraan strategis antara Indonesia-AS di berbagai bidang, meluaskan bidang ekonomi," kata Tata.

"Selain itu, kunjungan ini juga menunjukkan komitmen kepercayaan administrasi baru AS terhadap peran Indonesia, baik di ASEAN maupun di kawasan secara umum. Dari sini terlihat sebuah kesiapan dan komitmen AS untuk menjalan kerja sama yang baik antara Indonesia-AS," tutur Tata.

Tata mengatakan kunjungan Pence merupakan bentuk kepercayaan AS kepada Indonesia. Dia mencontohkan, sementara Pence mengunjungi Jepang dan Australia sebagai kunjungan balasan, sedangkan Indonesia bukanlah kunjungan balasan.

"Wapres AS ini mengunjungi Jepang dan Australia juga. Tapi sebelumnya kedua negara itu sudah duluan mengunjungi AS, jadi bisa dibilang AS ke sana untuk melakukan kunjungan balasan. Namun kita (Indonesia) belum sempat ke sana. Oleh karena itu, ini menunjukkan adanya kepercayaan yang tinggi oleh AS kepada Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Indonesia, Pence telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka telah menandatangani 10 memorandum of understanding (MoU).

"Hasil dari kunjungan ini ada 10 MoU business to business. Nah ini menunjukkan total nilai 10 MoU ini sekitar USD 10 miliar. Indonesia-AS juga saat ini mendorong kerja sama, khususnya di bidang ekonomi. Itu mungkin yang bisa kita ambil dalam kunjungan kali ini," ucapnya.
(dhn/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed