DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 12:22 WIB

Ketua DPR: Hari Kartini Simbol Kebangkitan Peran Wanita

Hary Lukita Wardani - detikNews
Ketua DPR: Hari Kartini Simbol Kebangkitan Peran Wanita Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April sebagai simbol kebangkitan peranan wanita. Novanto mengatakan perempuan memiliki hak setara dengan laki-laki dari berbagai penindasan.

"Hari ini kita memperingati Hari Kartini sebagai simbol kebangkitan peran wanita. Peran yang tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun peran yang merambah wilayah yang lebih luas dalam sosial-kemasyarakatan," ujar Novanto dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (21/4/2017).

Novanto mengatakan perempuan harus mendapatkan hak perlindungan yang sama dari laki-laki. Harkat dan martabat perempuan harus terus diperjuangkan.

"Harkat dan artabat kaum perempuan harus terus diperjuangkan sebagai bagian dari perjuangan kemanusiaan. Mereka memiliki hak yang sama dengan kaum lelaki untuk dilindungi sebagai warga negara dari segala potensi ancaman dan penindasan," katanya.

Menurutnya saat ini kehadiran perempuan dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mampu memberikan warna. Ia mengatakan inspirasi Kartini telah menjadi gagasan besar dan menmpati tempat penting dalam setiap program dan kebijakan.

"Saat ini, inspirasi Kartini telah menjadi gagasan yang besar dan menempati tempat penting dalam setiap program dan kebijakan. Kehadiran wanita dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mampu memberi warna dan teladan tentang bagaimana sesungguhnya menjalani kehidupan di berbagai bidang," tutur Novanto.

Novanto berharap seluruh masyarakat dapat mengambil hikmah dari perjuangan Kartini. Teladan Kartini juga dapat mewarnai perjalanan cita-cita anak bangsa dalam meraihnya.

"Kita berharap seluruh masyarakat mengambil hikmah dari Perjuangan Kartini. Selamat Hari Kartini. Semoga teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan kita sebagai anak bangsa dalam meraih cita-cita bersama yang lebih baik di masa depan," pungkasnya.
(lkw/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed