DetikNews
2017/04/21 06:15:09 WIB

7 Kepala Negara Kunjungi Indonesia Sepanjang Januari-April 2017

Bisma Alief - detikNews
Halaman 1 dari 3
7 Kepala Negara Kunjungi Indonesia Sepanjang Januari-April 2017 Presiden Jokowi dan Wapres AS Mike Pence (Foto: REUTERS/Bay Ismoyo)
Jakarta - Indonesia kedatangan cukup banyak pemimpin-pemimpin negara sepanjang Januari hingga April 2017. Mulai dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence hingga yang paling diingat yakni momen penyambutan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Kunjungan pertama dilakukan oleh Shinzo Abe pada 15 Januari 2017. Kemudian disusul oleh Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud pada 1-12 Maret 2017. Lalu ada Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena yang menyambangi Indonesia pada 8 Maret 2017. Hingga teranyar adalah Wapres AS Mike Pence yang datang pada Kamis (20/4) kemarin.

1. Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, 15 Januari 2017

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Abe yang didampingi istrinya, Akie Abe, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Bukan hanya soal kerja sama bidang ekonomi, pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga membahas soal isu keamanan. Keduanya sempat menyinggung soal kondisi Laut China Selatan dan nuklir Korea Utara.

7 Kepala Negara Kunjungi Indonesia Sepanjang Januari-April 2017Foto: Biro Pers Setpres
Shinzo Abe mengatakan kondisi di Laut China Selatan telah menjadi perhatian masyarakat internasional. Kondisi ini otomatis berpengaruh pada kedamaian di kawasan sekitarnya.

"Kami kembali tegaskan pentingnya prinsip penegakan hukum dan penyelesaian sengketa secara damai dan sekaligus memastikan bekerja sama dalam rangkaian pertemuan ASEAN serta pertemuan internasional lain yang akan diselenggarakan tahun ini," kata Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017).

2. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, 1-12 Maret 2017

Raja Salman Abdulaziz Al Saud dan rombongan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu (1/3) lalu. Raja Salman melakukan serangkaian kegiatan kenegaraan selama di Ibu Kota. Usai disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Halim, tempat pertama yang didatangi Raja Salman adalah Istana Bogor. Di Bogor ada 11 nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua negara. Total, Arab Saudi menginvestasikan Rp 87 triliun ke Indonesia.

7 Kepala Negara Kunjungi Indonesia Sepanjang Januari-April 2017Foto: Dokumentasi pribadi Muchlis Hanafi
Di hari kedua, Raja Salman mengunjungi Gedung DPR dan Masjid Istiqlal. Waktu kunjungan Raja Salman di DPR hanya sekitar 30 menit. Agenda pertama adalah pemutaran video kunjungan Raja Faisal pada 1970 silam. Agenda berikutnya adalah pidato dari Novanto yang disusul pidato Raja Salman. Dalam pidatonya Raja Salman menyampaikan terima kasih atas sambutan luar masyarakat Indonesia. Usai dari Gedung DPR, Masjid Istiqlal menjadi tempat selanjutnya yang dia kunjungi. Ada proses penyerahan kiswah dari Raja ke Masjid Istiqlal. Setelah itu rombongan bertolak ke Istana Negara.

Di hari terakhir di Jakarta, ada sekitar 28 tokoh lintas agama yang turut hadir dalam pertemuan Jokowi dan Raja Salman di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan. Raja Salman berada di Jakarta hinggal tanggal 3 Maret 2017. Usai dari Jakarta, Raja dan para rombongannya langsung menuju Bali untuk berwisata.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed