DetikNews
Rabu 19 April 2017, 14:12 WIB

Sekeluarga Ditembak Polisi, Kapolri: Mungkin Diskresi Kurang Tepat

Mei Amelia R - detikNews
Sekeluarga Ditembak Polisi, Kapolri: Mungkin Diskresi Kurang Tepat Foto: ilustrasi Andhika Akbaryansyah
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian sangat menyesalkan penembakan anggota polisi terhadap mobil berisi satu keluarga di Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Tito menilai kemungkinan ada tindakan diskresi yang kurang tepat yang dilakukan anggota polisi tersebut.

Diskresi merupakan kebebasan mengambil keputusan dalam situasi yang dihadapi . Tito memaparkan, anggota polisi menembak mobil Honda City tersebut karena menduga adalah pelaku kejahatan. Sebab, mobil itu tidak berhenti saat diberhentikan polisi dan justru melarikan diri serta hendak menabrak anggota polisi.

"Kita lihat bahwa penilaian yang bersangkutan itu adalah pelaku kejahatan, tapi setelah dicek ternyata bukan pelaku kejahatan. Jadi ini mungkin ada tindakan diskresi yang kurang tepat, mungkin kurang tepat," ujar Tito kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara PTIK, Kebayoran Baru, Jaksel, Rabu (19/4/2017).

Tito belum bisa memberikan kesimpulan terkait insiden tersebut. Anggota yang melakukan penembakan masih diperiksa oleh internal.

"Saya belum bisa ambil kesimpulan resmi karena ada pemeriksaan sedang dilakukan oleh Polda Sumsel yang disupervisi oleh Mabes Polri," ungkap Tito.

Tito mengatakan, apabila langkah yang diambil oleh anggota tersebut sudah tepat, maka tidak akan dilakukan langkah hukum. Namun jika dari pemeriksaan nanti anggota bertindak berlebihan maka akan diproses lebih lanjut.

"Tapi kalau seandainya yang dilakukannya tidak tepat dalam menilai dan melakukan tindakan berlebihan, eksesif maka kita akan dilakukan tindakan hukum baik secara internal maupun secara proses pidana," terang Tito.

Lebih lanjut, Tito memastikan pihaknya masih akan menyelidiki lebih dalam terkait insiden tersebut. "Pak Kapolda sudah saya perintahkan menetralisir situasi terutama dengan keluarga korban dan masyarakat setempat. Setelah itu juga akan dilakukan langkah hukum pemeriksaan terhadap yang bersangkutan (polisi yang menembak-red)" pungkasnya.


(mei/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed