DetikNews
Selasa 18 April 2017, 17:15 WIB

TPS for Fun, Agar Pilgub DKI Jadi Menyenangkan

Ibnu Hariyanto - detikNews
TPS for Fun, Agar Pilgub DKI Jadi Menyenangkan Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Komunitas Fotografi Diponegoro mengadakan lomba foto dengan berlatarkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pencoblosan Pilgub DKI putaran ke dua. Lomba foto kali ini diharapkan bisa membuat Pilgub DKI menjadi menyenangkan.

"Lomba ini bertujuan untuk menjadikan Pilgub DKI semakin menyenangkan jauh dari kesan kecurangan dan menegangkan," kata Ketua Panitia 'TPS For Fun', Fajar Zulkarnaen di Menara MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017).

Fajar mengatakan dengan diadakan lomba tersebut bisa meningkatkan partisipasi publik untuk datang dan mencoblos di TPS. Lomba foto tersebut terbuka untuk siapapun boleh mengikuti asalkan berlatarbelakang TPS. Dia juga menjelaskan nanti ada 3 kategori untuk foto dan 1 kategori untuk video dan diupload di akun Instagram pribadi masing-masing.

"Pertama, wefie bersama keluarga, teman, organisasi di area TPS Pilgub DKI Jakarta. Posting dengan tagar #TPSForFunWefie. Kedua, selfie di depan pengumuman hasil akhir penghitungan suara (Formulir C1), posting dengan tagar #TPSForFunSelfie. Dan kategori ketiga foto bebas di area TPS Pilgub DKI, posting dengan tagar #TPSForFunFree," ungkapnya.

Sedangkan untuk kategori video, Fajar menjelaskan video dibuat bebas sesuai kreasinya peserta lomba dan tidak memprovokasi. Dia menyebut persyaratan lain untuk video tersebut tidak boleh lebih dari 60 detik.

"Durasi video tidak lebih dari 60 detik, dan saat diposting di instragram menggunakan tagar #TPSForFunVideo," tuturnya.

"Selain menggunakan tagar yang telah ditentukan, peserta juga wajib mention akun Instagram @tpsforfun," imbuhnya.

Fajar menjelaskan pihaknya telah menyediakan hadiah sebesar Rp 45 Juta untuk 40 pemenang. Dia juga berharap lomba foto TPS For Fun dikuti oleh semua pasangan calon dalam Pilgub DKI putaran kedua dan seluruh tim sukses ikut berpartisipasi.

"Kami juga sudah menghubungi timses kedua paslon dan kami berharap kedua paslon dapat ikut memeriahkan lomba ini. Dan akan benar-benar menciptakan Pilkada DKI yang menyenangkan dan aman," ucapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Juri, Hariqo Wibawa menjelaskan kriteria pemenang nanti dilihat dari keunikannya serta
yang memperlihatkan bahwa Pilgub DKI berjalan dengan damai.

"Karya sendiri, kemudian unsur manfaat bagi masyarakat dan demokrasi Indonesia. Utamanya untuk mewujudkan Pilgub yang menyenangkan, adil, jujur, bebas, berkualitas serta damai," tambah Hariqo.
(erd/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed