DetikNews
Senin 17 April 2017, 08:05 WIB

Siapa Abah Rojab yang Minta Mbah Fanani Dipindah ke Indramayu?

Rivki - detikNews
Siapa Abah Rojab yang Minta Mbah Fanani Dipindah ke Indramayu? Mbah Fanani di Indramayu (dok Azun)
FOKUS BERITA: Kisah Para Pertapa
Jakarta - Petapa di Pegunungan Dieng, Jateng, Mbah Fanani, kini berada di Indramayu. Dia dipindahkan oleh sekelompok orang dari Dieng karena diminta Abah Rojab. Siapakah sosok Abah Rojab?

Azun Mauzun, yang ikut dalam penjemputan Mbah Fanani, mengatakan Abah Rojab dan Mbah Fanani sudah saling berkomunikasi lewat batin. Tujuh bulan lalu, Abah Rojab pernah mengontak Azun untuk memindahkan Mbah Fanani dari Dieng ke Indramayu.

"Saya pernah dikontak Abah Rojab untuk jemput Mbah Fanani 7 bulan lalu, tapi baru saya bisa realisasikan sekarang. Mengenai apa hubungan Abah Rojab dengan Mbah Fanani itu hanya Allah yang tahu. Kalau saya sendiri adalah anak Suson Abah Rojab (anak karena pernah menyusui istri Abah Rojab)," ujar Azun, yang juga anggota DPRD Indramayu, saat dihubungi detikcom, Senin (17/4/2017).

Azun tidak tahu alasan Abah Rojab meminta Mbah Fanani dipindahkan dari Dieng ke Indramayu. Dia hanya mendapatkan perintah untuk memindahkan dan, saat menjemput Mbah Fanani, dia mengaku tidak ada paksaan.

"Pas saya jemput pun tidak ada paksaan, saya bilang Abah Rojab dia langsung tahu," ucapnya.

Azun mengatakan Abah Rojab adalah seorang sepuh dari Indramayu. Sebelum di Indramayu, Abah Rojab menetap di Dieng. Setelah itu, Abah Rojab pindah ke Indramayu selama 20 tahun.

"Dan sekarang si Abah ada di Kalimantan," tuturnya.

Dia menambahkan, dari segi usia, Mbah Fanani lebih tua. Abah Rojab diperkirakan berusia 89 tahun, sedangkan Mbah Fanani 100 tahun. Padahal warga sekitar mengatakan umur Mbah Fanani 70-an tahun.

"Kalau usia, Abah Rojab 89 tahun, sedangkan Mbah Fanani 100 tahunan. Mengenai apa hubungan mereka Allahualam. Intinya, Abah bilang sudah sering kontak batin dengan Mbah Fanani," ucapnya.
(rvk/jbr)
FOKUS BERITA: Kisah Para Pertapa
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed