DetikNews
Minggu 16 April 2017, 16:56 WIB

Petapa Dieng Hilang Misterius

Begini Cerita Mbah Fanani 'Hilang' dari Tempat Bertapa

Arbi Anugrah - detikNews
Begini Cerita Mbah Fanani Hilang dari Tempat Bertapa Tempat bertapa Mbah Fanani. (Foto: istimewa)
Dieng - Mbah Fanani, petapa Dieng yang ditaksir berusia 70 tahun, dibawa pergi oleh belasan orang tak dikenal, Rabu (12/4/2017). Dia sempat berontak, tapi sia-sia. Petapa misterius itu dinaikkan mobil dan dibawa pergi entah ke mana.

Kepala Desa Dieng, Slamet Budiono, mengatakan, Sugiyono, pemilik rumah yang berada di dekat tenda tempat Mbah Fanani bertapa, tahu soal penjemputan itu. Ono, panggilan akrab Sugiyono, kaget mendengar ramai-ramai di luar rumah.

"Saat itu, Mbah Fanani berontak dimasukkan ke mobil. Mas Ono gedor-gedor mobil. Penjemput ngaku cucu (Mbah Fanani). Terus Mas Ono sempat masuk ke mobil salaman dan cium Mbah Fanani," terang Slamet.

Penjemput Mbah Fanani berjumlah 10-15 orang dan mengendarai 4 mobil. Mereka membawa pergi Mbah Fanani sekitar pukul 23.00 WIB. Tak diketahui apa benar mereka adalah cucu Mbah Fanani atau bukan.

Mbah Fanani yang disebut-sebut berasal dari Cirebon, Jawa Barat, sudah 20 tahun bertapa di sekitar Dieng. Sehari-hari, dia dirawat oleh Sugiyono. Hanya Sugiyono dan istri yang bisa berkomunikasi dengan pria gonrong tersebut. Sementara kepada orang lain, ia enggan bicara.

Banyak yang mengaku sebagai kerabat Mbah Fanani, tapi mereka tak bisa membawa pergi karena Mbah Fanani tidak mau. Nah kali ini, ada orang yang mengaku cucu dan langsung menjemput. Warga sekitar geger dan menyayangkan. Mereka menganggap Mbah Fanani sebagai keluarga sendiri.
(arb/erd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed