Bakal Ada Kampung Pelangi di Dekat Lawang Sewu Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 15 Apr 2017 21:52 WIB
Wali Kota Semarang Ikut Mengecat untuk Kampung Pelangi (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang - Kota Semarang, Jawa Tengah akan memiliki spot cantik tepat di belakang pasar bunga Kalisari di Jalan dr Sutomo. Rumah-rumah yang berdiri di dataran lebih tinggi dicat warna-warni dan akan memiliki sebutan Kampung Pelangi.

Pengecatan dimulai hari ini dan akan ada total 390 rumah yang dicat dengan warna berbeda-beda. Nantinya pemukiman yang masuk wilayah Wonosari, Semarang itu akan menjadi daya tarik karena lokasinya yang tidak jauh dari Tugu Muda dan Lawang Sewu.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengawali kegiatan tersebut bersama para warga dan relawan. Pria yang akrab disapa Hendi itu ikut mengecat tembok dan tangga dengan warna merah.

"Kalau sudah jadi nanti konsepnya seperti Kampung Tematik," kata Hendi, Sabtu (15/4/2017).

Pada tahap awal, ada 223 rumah yang dicat. Tidak hanya rumah, jembatan pun ikut diwarna. Menurut Hendi kegiatan tersebut penting untuk memantik keterlibatan warga dalam memperbaiki dan mempercantik wilayahnya.

"Ya jadi tidak hanya jadi penonton saja, ini kan untuk wilayah mereka. Inilah gotong royong," tandasnya.

Ditargetkan Kampung Pelangi itu rampung dicat sebelum 2 Mei atau sebelum hari jadi Kota Semarang. Salah satu warga yang mengikuti kegiatan, Amal berharap nantinya kampung tersebut bisa mempercantik Kota Semarang dan menjadi destinasi wisata baru.

"Saya sebenarnya bukan asli sini, tapi saya tertarik ikut karena nantinya Kampung Pelangi jadi destinasi wisata," ujar Amal.

Sementara itu Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, M Irwansyah mengatakan, kegiatan tersebut mendapatkan bantuan dari berbagai CSR. Anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 2 miliar karena ada kegiatan lain termasuk pembersihan sungai.

"Kalau perkiraan anggaran untuk Kampung Pelangi mencapai Rp 2 miliar dari menghimpun CSR," kata Irwansyah.

(alg/nwy)