DetikNews
Jumat 14 April 2017, 22:19 WIB

Garuda Gelar Simulasi Jelang Pembukaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Garuda Gelar Simulasi Jelang Pembukaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta Menhub Budi Karya di Simulasi Garuda Indonesia (Dok Kemenhub)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan pembukaan Terminal 3 Gate 1 sampai 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Garuda Indonesia akan beroperasi penuh pada 1 Mei mendatang.

"Setelah saya lihat memang ada beberapa yang mesti di-improve, tapi kita fokuskan tanggal 1 Mei Garuda Indonesia bisa beroperasi internasional semuanya. Ini masih ada 16 hari ya. Sehingga dalam waktu dua pekan sebelumnya sudah bisa mengumumkan," harap Budi Karya di Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (14/4/2017).

Untuk menakar kesiapan tersebut, Budi Karya menginstruksikan adanya simulasi pengoperasian pesawat Garuda. Evaluasi yang dihasilkan akan menjadi rumusan standar operasional prosedur (SOP).

Garuda Gelar Simulasi Jelang Pembukaan di Terminal 3 Soekarno-HattaFoto: Menhub Budi Karya di Simulasi Garuda Indonesia (Dok Kemenhub)


"Saya minta kepada Angkasa Pura dan Garuda untuk melakukan latihan, simulasi secara spartan di waktu peak (puncak), jam delapan malam. Kita minta jumlah yang dioperasikan sama dengan jumlah real. Jadi kita ingin tahu pada saat peak, katakanlah jam delapan malam, ke luar negeri dengan delapan pesawat itu beroperasi. Bagaimana cara kerja dari check in BHS, dan bagaimana semua dari petugas itu melayani," paparnya.

Budi Karya juga melakukan ram check terhadap salah satu dari 47 pesawat yang beroperasi bersama dengan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Perum DAMRI Sarmadi Usman, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto, dan Direktur PT Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury. Ram check dilakukan pada pesawat yang sedang beroperasi di tempat. Pengecekan dilakukan untuk memastikan faktor keamanan dan keselamatan kendaraan.

Garuda Gelar Simulasi Jelang Pembukaan di Terminal 3 Soekarno-HattaFoto: Menhub Budi Karya di Simulasi Garuda Indonesia (Dok Kemenhub)


Dia menyatakan puas karena hasil pengecekan semuanya bagus. Budi Karya mengimbau Garuda Indonesia menjaga konsistensi kualitasnya.

"Harapan saya Garuda tetap konsisten dan menjadi flag carrier, jadi tidak bisa dengan servis seadanya. ini kebanggaan Indonesia. Hubungan, saya minta AP II, AirNav support karena itu adalah kebanggaan Indonesia," pungkasnya.

Garuda Gelar Simulasi Jelang Pembukaan di Terminal 3 Soekarno-HattaFoto: Menhub Budi Karya di Simulasi Garuda Indonesia (Dok Kemenhub)



(nif/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed