Pemprov DKI: Jokowi Resmikan Masjid Raya Hasyim Ashari, Besok Pagi

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 14 Apr 2017 21:35 WIB
Masjid Raya KH Hasyim Ashari (Arief Ikhasanuddin/detikcom)
Jakarta - Masjid Raya KH Hasyim Ashari sudah selesai dibangun di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Sabtu (15/4) besok, Presiden Joko Widodo bakal meresmikan masjid itu. Hal ini dinyatakan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Informasi terakhir yang kami dapat, peresmian yang dihadiri Pak Jokowi positif dimajukan besok Sabtu," kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI, Arifin, kepada detikcom, Jumat (14/4/2017).

Sedianya, acara peresmian akan digelar pada Minggu (16/4) lusa. Namun karena pihak protokoler kepresidenan menyanggupi esok hari, maka acara dimajukan sehari lebih cepat.

"Acara dimulai pukul 10.30 WIB," kata Arifin.

Peresmian Masjid Raya KH Hasyim Ashari yang dilakukan Jokowi akan dihadiri juga oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono bakal hadir, disertai pejabat DKI, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah, dan alim ulama Jakarta.

(Baca juga: Djarot Ingin Masjid Raya KH Hasyim Ashari Jakbar Diresmikan Jokowi)

Masjid ini dibangun dengan nilai proyek Rp 165 miliar, diambil dari APBD DKI. Pengerjaannya sudah dimulai dari 2014. Perusahaan swasta PT Ganiko Adi Perkasa adalah pihak yang membangun masjid itu.

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar, semoga Masjid ini memberi nilai religius bagi masyarakat Jakarta," tandas Arifin.

Namun demikian, Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menyatakan pihaknya masih menunggu kepastian lebih lanjut. "Menunggu informasi dari protokol," kata Bey. (dnu/dnu)