DetikNews
Kamis 13 April 2017, 15:55 WIB

Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Buntet Cirebon

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Buntet Cirebon Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Cirebon - Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat, memiliki santri yang jumlahnya lebih dari 6 ribu. Karena itu, pemerintah melalui Kementerian BUMN memberikan bantuan berupa pembangunan fasilitas pendidikan.

"Santri di Pondok Buntet Pesantren ada 5.600-an. Kalau ditambah yang pulang balik jadi lebih dari 6.000. Butuh fasilitas yang belum terpenuhi, dan kami minta bantuan ke Menteri BUMN, Bu Rini Soemarno, yang alhamdulillah beri bantuan pertama GOR senilai Rp 6,5 miliar yang (proyeknya) diambil penuh WIKA," ujar Ketum Yayasan Pendidikan Ponpes Buntet KH Adib Rofiuddin di ponpes-nya, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/4/2017).

Selain itu, ada bantuan berupa sekolah tarbiyah dari Bulog, 4 gedung untuk perguruan tinggi dari BRI, Madrasah Ibtidaiyah Wathaniyah senilai Rp 1,2 miliar dari Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri, bangunan MCK dari Bank Mandiri, serta bangunan keperawatan dari BRI.

"Terima kasih ke Menteri BUMN yang beri kontribusi besar, Ibu Rini 4 kali ke Buntet, sama juga Pak Pram (Seskab Pramono Anung). Bapak Presiden dua kali ke sini. Kalau tiga kali, saya kasih gelar kiai haji," ujar Adib.

Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Buntet CirebonFoto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom


Setelah itu, giliran Presiden Jokowi memberikan sambutan. Dia mengaku sudah diberi tahu Kementerian BUMN akan memberi bantuan kepada Pondok Buntet Pesantren sejak 3 bulan lalu.

"Tiga bulan lalu Bu Menteri BUMN bisik-bisik ke saya, 'Pak Presiden, BUMN akan memberikan bantuan ke Ponpes Buntet', jawaban saya saat itu, 'Silakan kalau itu untuk Buntet Pesantren'. Jawaban saya hanya itu. Tapi saya kaget saat KH Adib sampaikan ternyata bantuan yang diberikan luar biasa besarnya," tutur Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan interaksi dan bagi-bagi sepeda. Warga pesantren dan sekitarnya menyambut antusias ketika Jokowi sudah mengajukan pertanyaan 'kuis'.

Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Buntet CirebonFoto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom


Setelah itu, dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan bantuan di sebuah lahan yang letaknya sekitar 500 meter dari pondok pesantren. Jokowi meletakkan batu pertama dengan didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.
(bpn/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed