Begini Peta Percakapan Netizen soal Debat Final Pilkada DKI

ADVERTISEMENT

Debat Final Pilgub DKI

Begini Peta Percakapan Netizen soal Debat Final Pilkada DKI

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 12 Apr 2017 23:34 WIB
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Debat final Pilgub DKI yang berlangsung malam ini menghiasi percakapan netizen di media sosial. PoliticaWave, sebuah lembaga pemantau media sosial, merekam percakapan di dunia maya selama debat berlangsung.

Hasilnya, menurut pendiri PoliticaWave Yose Rizal, pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno unggul tipis atas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. "Berdasarkan hasil pantauan PoliticaWave di media sosial, pada debat terakhir ini pasangan Anies-Sandi berhasil unggul tipis dari aspek jumlah percakapan netizen sebesar 51 persen dan pasangan Ahok-Djarot sebesar 49 persen," kata Yose Rizal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/4/2017).

Namun, kata Yose, pasangan Ahok-Djarot lebih mendapat apresiasi netizen dalam bentuk sentimen positif sebesar 64 persen dan 36 persen negatif. Sedangkan pasangan Anies-Sandi mendapat respons positif sebesar 59 persen dan 41 persen negatif.

Menurut Yose, debat final Pilgub DKI ini diharapkan mampu menjadi kunci untuk menarik simpati para calon pemilih. Apalagi ada perwakilan publik, yakni komunitas di Jakarta. Mereka diberi kesempatan secara langsung untuk bertanya kepada pasangan cagub dan cawagub.

"Sayangnya, meski telah menghadirkan perwakilan komunitas Jakarta, perdebatan kali ini masih minim dari segi isu baru dan kurang dinamis dalam mengemas visi-misi para paslon," tutur Yose.

Dia menambahkan, program masing-masing paslon juga tidak terbahas dengan sempurna dalam debat ini. Debat masih didominasi isu reklamasi, rumah DP 0 persen, OK OCE, dan penggusuran. Padahal paslon diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan secara spesifik, termasuk mencari titik lemah lawannya. (erd/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT