Hari Hak Asasi Manusia
Selasa 11 April 2017, 15:38 WIB

Pilgub DKI Putaran Kedua

Djarot ke Warga Cipinang Melayu: Kami Nggak Janji tapi Kerja Saja

Nathania Riris Michico - detikNews
Djarot ke Warga Cipinang Melayu: Kami Nggak Janji tapi Kerja Saja Djarot saat blusukan (Nathania Riris Michicco/detikcom)
Jakarta - Cawagub DKI Djarot Saiful Hidayat mengunjungi warga yang berada di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Djarot bercerita bahwa pada Februari lalu, ketika baru aktif, dia meninjau banjir di Cipinang Melayu yang ketinggian airnya mencapai pinggang orang dewasa.

"Saya waktu banjir besar ke sini, saya datang ke sini, saya bisa melihat sungai besar seperti apa, rumah-rumah pinggir sungai tenggelam. Saya ke sini waktu sama Pak Wali waktu aktif. Saya turun dan banjir sampai ke pinggang," kata Djarot kepada warga di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Selasa (11/4/2017).

Karena permukiman tersebut diapit oleh Kalimalang dan Kali Sunter, Djarot berjanji akan segera membangun sheet pile. Sheet pile akan lebih dulu dibangun di Kalimalang, kemudian di Kali Sunter secara bertahap.

"Waktu itu saya sampaikan ada rumah tenggelam, makanya ada 2 yang perlu kita lakukan: Kalimalang segera kita keruk yang dalam, lalu kita pasang sheet pile, tanggul yang tinggi. Karena di Kalimalang ada tol Becakayu, jadi akan indah nanti kita bikin," tutur Djarot.

"Kita nggak ada janji-janji, yang pasti kita kerjakan saja," ucapnya.

Warga pun bertepuk tangan mendengar penjelasan Djarot. Dia juga kembali memastikan tidak akan menggusur warga Cipinang Melayu.

"Nah maaf, kita selalu dianggap tukang gusur, padahal dipindah ke rusun, banjirnya gede kita disalahin, padahal kalau banjir besar kita lihat betul itu tenggelam. Oleh sebab itu, yang di bantaran sungai kita pindahkan, kita gedein Kali Sunter, kita sheet pile supaya apa, supaya penanganan banjir maksimal nggak sepotong-sepotong. Kalau tanahnya ada suratnya, kami akan ganti. Kalau nggak ada suratnya, bagaimana gantinya. Nah berarti kami pindahkan ke rusun," ujarnya.

Setelah memberi sambutan, kakak angkat calon Gubernur DKI nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Andi Analta Amier, tiba di lokasi acara. Djarot dan Ananta pun bersalaman hangat.



(nth/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed