DetikNews
Senin 10 April 2017, 13:54 WIB

Teroris Tuban Serang Polisi dengan Senjata Api Rakitan

Bartanius Dony - detikNews
Teroris Tuban Serang Polisi dengan Senjata Api Rakitan Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tim gabungan TNI dan Polri melumpuhkan enam terduga teroris di Tuban, Jawa Timur, setelah baku tembak. Senjata api (senpi) yang digunakan para terduga teroris merupakan senpi rakitan.

"Ini senjata, hasil sementara, produk lokal ya, rakitan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2017).

Namun, Boy tidak menjelaskan darimana mereka belajar merakit senjata. Yang jelas, menurutnya, hal ini merupakan 'kreatifitas' masyarakat yang keliru.

"Ini bentuk kreatifitas masyarakat yang keliru ya. Dia bisa rubah kalibernya jadi peluru M16. Mereka mencari alat, senjata rakitan, di negara kita yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab," jelas Boy.

Sebelumnya, 6 orang itu ditembak mati petugas gabungan. Mereka bersembunyi di kebun jagung setelah sebelumnya mencoba menembak seorang anggota Sat Lantas Polres Tuban yang tengah berjaga di pos lalu lintas.

Mereka merupakan teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi kepada ISIS. Menurut Boy, mereka memang mendapat instruksi untuk menyerang aparat dari Zainal Anshori, Amir JAD Nusantara.

"Sel-sel JAD saat ini sedang mendapat instruksi untuk melakukan penyerangan terhadap petugas. Yang rentan diserang adalah yang berada di pos Polisi," pungkas Boy.
(brt/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed