DetikNews
Senin 10 April 2017, 10:11 WIB

Sumarsono Pecat Lurah Pegadungan yang Tertangkap OTT

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sumarsono Pecat Lurah Pegadungan yang Tertangkap OTT Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, memberhentikan Lurah Pegadungan, Jakarta Barat, yang kena operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (6/4/2017). Dia mengatakan proses administrasi pemberhentian lurah tersebut sedang diproses.

"Kapan surat pemecatan, ini sudah berlangsung proses. Kalau sudah begini, langsung diberhentikan sementara, langsung administrasi pemberhentian tetap. Jadi prinsipnya sudah tidak aktif lagi jadi lurah," tutur Sumarsono di Jl Taman Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (10/3/2017).

Sumarsono menegaskan, bukan hanya Lurah Pegadungan, semua lurah yang kena OTT karena pungli juga akan diberhentikan. Tidak ada pilih-pilih, semua yang melakukan kegiatan terlarang tersebut akan dipecat.

"Bukan hanya Lurah Pegadungan, seluruh lurah yang kena OTT langsung diberhentikan, hari ini lurah diberhentikan," tutur Sumarsono.

Sumarsono mengatakan tak seharusnya lurah menerima barang pemberian warga yang dilayani. Barang yang diterima itu terhitung gratifikasi.

"Kronologinya ya namanya ya orang ya juga, yang namanya konsumen kan ingin memberikan sesuatu biar lancar dan yang diberikan mau, kecuali yang diberikan nggak mau, berarti nggak kena OTT," kata Sumarsono.

Sebelumnya diberitakan, Tim Saber Pungli Jakarta Barat melakukan operasi tangkap tangan di Kelurahan Pegadungan. Tim berhasil menangkap tangan MM, selaku Lurah Pegadungan.

Operasi itu dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat tentang adanya pungli dalam mengurus tanah girik. Tim Saber Pungli pun berhasil menyita sejumlah uang sebagai barang bukti.
(knv/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed