DetikNews
Jumat 07 April 2017, 17:51 WIB

Di Singapura, Gubernur Sumsel Dijuluki The No Fire Governor

Niken Widya Yunita - detikNews
Di Singapura, Gubernur Sumsel Dijuluki The No Fire Governor Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Singapura - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menjadi keynote speaker dalam acara The 4th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources. Alex adalah satu-satunya gubernur dari Indonesia yang diundang ke acara tersebut.

Dalam rilis dari Pemprov Sumsel, Jumat (7/4/2017), Alex dinilai berhasil mengajak mitra swasta lembaga swadaya manusia (LSM) bersama pemerintah mengatasi kebakaran lahan dan hutan (karhutla) dan kegiatan green growth.

Dalam acara itu, Alex dijuluki oleh audiens sebagai The No Fire Governor. Audiens yang hadir di antaranya dari pemerintah Singapura, NGO lingkungan hidup, akademisi, dan pemerhati masalah lingkungan hidup.

Julukan lainnya juga disematkan kepada Alex pada 2015, yakni The Haze Governor. Rencananya, tim dari Singapura akan mengunjungi Sumsel pada Agustus mendatang.

Selain ke Singapura, Alex diminta sebagai speaker atas kerja sama JICA, KLHK, dan BRG di Universitas Tokyo pada 11 April mendatang. Acara tersebut bertema 'Mensiasati Peluang Bisnis di Lahan Gambut yang Berkearifan Lokal'.

Dengan berbagai terobosannya, tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumsel untuk berani mengajak mitra internasional berdiskusi di Palembang. Sumsel akan menggelar diskusi membahas lingkungan dalam The 1st Asia Bonn Challenge High Level Roundtable Meeting pada 9-10 Mei 2017.

Untuk diketahui, dua tahun lalu kebakaran hutan melanda sebagian pulau di Indonesia, termasuk Sumsel. Kejadian itu membuat beberapa daerah terganggu kabut asap.

Hal itu juga disebabkan lahan gambut kering yang saling bergesekan saat musim kemarau. Sumsel, sebagai salah satu daerah yang memiliki lahan gambut terbesar, mampu mengelola sehingga tidak ada kebakaran lahan lagi.
(nwy/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed