DetikNews
Kamis 06 April 2017, 15:54 WIB

AS-Pemprov Sumsel Perkuat Kerja Sama Tambang hingga Lingkungan

Mega Putra Ratya - detikNews
AS-Pemprov Sumsel Perkuat Kerja Sama Tambang hingga Lingkungan Foto: Dok Pemprov Sumsel
Palembang - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) atas persiapan yang dilakukan sebagai tuan rumah Asian Games XIII/2018. Pemerintah AS ingin meningkatkan kerja sama dengan Pemprov Sumsel di berbagai bidang.

"Intinya, kunjungan kali ini untuk memperkuat kerja sama yang kuat dengan Sumsel," ujar Duta Besar Berkuasa Penuh Amerika Serikat untuk RI Joseph Donovan dalam siaran pers Pemprov Sumsel, Kamis (6/4/2017).

Donovan mengatakan event Asian Games 2018 menjadi salah satu fokus dalam kerja sama yang akan dijalin bersama Pemprov Sumsel. Kerja sama lainnya di bidang pendidikan, pertambangan, serta lingkungan, khususnya terkait dengan wilayah kebakaran hutan dan lahan.

Dalam pertemuan tersebut, Donovan juga membawa perwakilan perusahaan Amerika, seperti San Power dan Motorola. Mereka hadir untuk menunjukkan dukungan demi masa depan Sumatera Selatan yang lebih baik.

"Perusahaan ini (San Power dan Motorola) nanti akan memberikan kontribusi di Indonesia secara keseluruhan," ucapnya.

Donovan menambahkan, setelah mendapat penjelasan dari Gubernur Sumsel Alex Noedin, ada beberapa kemungkinan dilakukannya kerja sama. Donovan juga yakin banyak sekali peluang kerja sama bagi perusahaan-perusahaan Amerika Serikat di Sumsel, seperti perusahaan di bidang energi, teknologi, dan penerbangan.

"Kita akan memperhatikan peluang tersebut. Ke depan akan terus kita lakukan upaya peningkatan kerja sama," kata Donovan.

Sebagai Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia yang baru, Donovan ingin memastikan hubungan AS dengan Sumsel sudah cukup erat berdasarkan sejarahnya. Termasuk dengan didirikannya perusahaan AS, antara lain Cargil dan ConocoPhillips.

"Kunjungan saya ini merupakan tindak lanjut yang dilakukan beberapa tahun yang lalu untuk membangun hubungan antara Sumatera Selatan dan Amerika Serikat. Serta tindak lanjut dari kunjungan Dubes Amerika Serikat terdahulu yang telah memperkenalkan perusahaan Amerika Serikat ke Sumsel," tuturnya.

Alex Noerdin, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan pertemuan tersebut dilaksanakan untuk mempererat hubungan Sumsel dengan Amerika Serikat di masa mendatang. "Kita harap ke depan akan ada kerja sama antar-kedua pihak," kata Alex.

Terkait dengan persiapan Asian Games 2018, pengerjaan light rail transit (LRT) dari Bandara SMB II ke Jakabaring Sport City saat ini sudah mencapai 35 persen. Pembangunan tiang penyangga sudah selesai dilakukan, tinggal memasang jalan, yang bisa berlangsung dalam waktu cepat.

Perbaikan di beberapa venue penyelenggaraan sedang dilakukan. Enam bulan sebelum Asian Games, venue dan prasarana pendukungnya sudah bisa digunakan.

Persiapan Sumsel untuk menggelar Asian Games 2018 juga sudah cukup bagus. Semua venue yang disiapkan tidak terganjal masalah.

"Sejauh ini tidak ada yang terhambat. Dari 11 venue yang disiapkan, semuanya akan bisa digunakan sesuai waktu," ucap Alex.

Saat ini akan ada tambahan venue untuk basket dan sepeda BMX. Dengan venue tersebut, 13 tempat kejuaraan olahraga se-Asia ini akan digelar di Palembang.
(ega/nwy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed