DetikNews
Rabu 05 April 2017, 21:18 WIB

Eks Sekjen Ungkap Kedekatan Siti Fadilah dengan Dirut Indofarma

Audrey Santoso - detikNews
Eks Sekjen Ungkap Kedekatan Siti Fadilah dengan Dirut Indofarma Siti Fadilah (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Eks Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Sjafii Ahmad menggambarkan keakraban eks Menkes Siti Fadilah Supari dengan Direktur Utama PT Indofarma Global Medika Ary Gunawan. Menurut Sjafii, dirinya kerap melihat Ary di kediaman Siti, sejak awal dokter spesialis jantung tersebut diangkat menjadi pembantu presiden, 2005 silam.

"Kalau ada pertemuan di rumah Bu Menteri, (Ary, red) selalu hadir," kata Sjafii dalam kesaksiannya di sidang lanjutan perkara korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk mengantisipasi wabah flu burung, ruang sidang Koesoemah Atmadja II, Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

Ary Gunawan yang hadir juga sebagai saksi di persidangan, mengatakan kedatangan dia ke rumah dinas Siti pada 2006 karena acara open house. Ary menegaskan, jika tak ada acara di rumah Siti, dia sama sekali tak akan berkunjung ke sana.

"2006 (datang ke rumah dinas Siti, red). Kalau tidak ada acara kayak gitu (open house, red), ngapain saya ke sana?" ucap Ary saat ditanyai jaksa.


Menanggapi Ary, Siti mengatakan dia dan Ary sudah kenal sejak lama.


"(Di rumah) Anda criwa criwis toh, bahasa Jawanya. Karena berpuluh-puluh tahun kita (Siti-Ary) tidak jumpa, lalu saya tanya "siapa sih kamu? Kayaknya pernah tahu deh,". Ternyata Ary Gunawan yang dulu masih kecil, kurus, masih muda. Betul nggak saya ngomong begitu?" tanya Siti.


"Betul Bu," jawab Ary.

Siti Fadilah didakwa menyalahi aturan prosedur pengadaan alat kesehatan di Kemenkes, semasa dirinya menjabat sebagai Menkes. Dikatakan, Siti menunjuk langsung PT Indofarma Global Medika sebagai pihak yang dijadikan rekanan dalam realisasi proyek tersebut. Padahal aturan pengadaan alkes harus melalui proses pelelangan.
(aud/rvk)
Baca Juga
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed