DetikNews
Rabu 05 April 2017, 18:04 WIB

KPU Banten Serahkan Tahapan Pilkada Selanjutnya ke DPRD

Bahtiar Rifa'i - detikNews
KPU Banten Serahkan Tahapan Pilkada Selanjutnya ke DPRD Foto: Bahtiar Rifai/detikcom
Kota Serang - Seusai rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, KPU menyerahkan surat keputusan kepada DPRD untuk menyelenggarakan paripurna istimewa. Paripurna dilaksanakan sebagai pengumuman kepada masyarakat terkait hasil Pilkada Banten 2017.

"KPU sudah selesai dalam tahapan dan kegiatannya. Selanjutnya kewenangan ada di DPRD Banten. Selanjutnya kita menyampaikan kepada Ketua DPRD untuk paripurna istimewa terkait pengumuman hasil Pilkada Banten," kata Ketua KPU Banten Agus Supriyatna kepada wartawan di kantor KPU Banten, Jl Syekh Nawawi Al Banteni, Kota Serang, Rabu (5/4/2017).

KPU Banten Serahkan Tahapan Pilkada Selanjutnya ke DPRDFoto: Bahtiar Rifai/detikcom

Setelah itu, Surat Keputusan KPU Banten Nomor 011/Kpts-Prov.015/Tahun 2017 tentang penetapan yang diberikan kepada DPRD dan calon terpilih akan dilanjutkan dan diproses menjadi keputusan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Pelantikan akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017, nomor 1 Wahidin Halim dan Andika Hazrumy dengan perolehan suara terbanyak 2.411.213 suara atau 50,95% dari total suara sah," kata Agus dalam surat keputusan yang dibacakan.

Secara khusus, KPU Banten mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Banten atas partisipasi dan penggunaan hak pilihnya di pilkada. Pemilihan gubernur dan wakil gubernur berjalan dengan baik dan kondusif sampai tahap akhir penetapan calon terpilih. Partisipasi di beberapa wilayah seperti Cilegon, Serang, dan Tangerang juga meningkat dibandingkan Pilkada tahun 2015.

"Jika kita bandingkan dengan 2015, ada kenaikan signifikan, umpamanya di angka partisipasi yang di bawah 60 persen. Di Pilkada Banten mengalami peningkatan menjadi 62 persen," ujarnya.
(bri/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed