DetikNews
Rabu 05 April 2017, 17:01 WIB

Peristiwa Pasangan 'Gancet' yang Jadi Sorotan Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
Peristiwa Pasangan Gancet yang Jadi Sorotan Dunia Foto: thinkstock
Jakarta - Peristiwa persetubuhan di Kenya yang berujung 'gancet' atau menempelnya alat vital menjadi sorotan media-media internasional. Di masa lalu, peristiwa serupa pernah terjadi, bahkan sampai berujung maut.

Peristiwa gancet di Kenya melibatkan dua orang yang merupakan pasangan selingkuh. Si perempuan sudah memiliki suami. Media lokal setempat menyebut kejadian gancet ini dilatarbelakangi guna-guna oleh suami dari perempuan yang melakukan persetubuhan.

Sebenarnya dalam ilmu kedokteran, gancet disebut dengan vaginismus atau penis captivus. Terdapat kekejangan yang tidak terkontrol atau spasme involunter pada otot introitus vagina. Dilansir dari BBC, seorang ahli ginekolog berspekulasi gancet dapat terjadi pada pasangan dalam hubungan seks yang terlarang, sehingga memunculkan stres ataupun trauma tersendiri.


Baca Juga: Gempar Kabar Pasangan 'Gancet' Saat Bersetubuh

"Gancet itu disebabkan karena kekejangan yang bisa berasal dari trauma, misalnya ketakutan akan ketahuan dan akhirnya salah satu efeknya kram. Apalagi kalau perempuan melakukan hubungan seks diam-diam, lalu takut ketahuan orang tua jadi dia buru-buru, kemudian kejang," ucap seksolog dr Andri Wanananda, MS, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Tak hanya di Kenya, peristiwa gancet juga terjadi di negara lain. Bahkan di Indonesia, gancet menjadi bahan perbincangan karena banyak yang mengaitkannya dengan hal mistis. Seperti apa ceritanya?

1. Gancet di Rumah Ibadah

Sejarah menunjukkan peristiwa gancet pernah terjadi jauh di abad modern seperti saat ini. Dari resensi yang dipublikasikan pada 1935 dan 1979, ditulis bahwa gancet pernah menjadi bahan perbincangan populer pada 1932.

Ilustrasi Mars dan Venus. Special Collections, University of Vermont) Ilustrasi Mars dan Venus. Special Collections, University of Vermont) Foto: Dok. BBC


Saat itu, seorang pria bernama Pers Lenard bersetubuh dengan seorang wanita di dalam rumah ibadah. Kemudian keduanya tidak bisa dipisahkan dalam keadaan telanjang.

Keesokan harinya, jemaat rumah ibadah tersebut melihat pasangan itu masih dalam posisi gancet dan melantunkan doa-doa agar dapat terlepas. Setelah terlepas, jemaat menghukum keduanya agar tidak bertemu lagi.

2. Pasangan Gancet Bunuh Diri Bersama Pakai Pistol

Penulis F Kraupl Taylor, pada 1979, pernah menuliskan kejadian gancet di Warsawa, Polandia, pada awal 1920-an.

Pasangan yang tengah asyik bercinta di kebun mengalami gancet. Alat kelamin pria tidak dapat dilepaskan. Akhirnya tubuh keduanya baru bisa dipisahkan setelah wanita diberi obat anestesi.

Tragedi yang sesungguhnya muncul saat wartawan menemui keduanya dan membuat berita yang begitu heboh. Keesokan harinya, pasangan tersebut bunuh diri bersama menggunakan pistol.

3. Gancet Kakek di China

Seorang kakek tewas setelah bercinta dengan pekerja seks di China. Alat kelamin pria tersebut juga tidak dapat dilepaskan dari alat kelamin wanita.

Dari laporan yang beredar, pria tersebut mengalami serangan jantung saat berhubungan badan. Shock dari serangan jantung tersebut menjadi alasan si wanita mengalami vaginismus dan mengunci alat kelamin pria.

4. Gancet di Dermaga Bremen

Kejadian gancet saat pasangan bersetubuh juga ditulis oleh Iwan Bloch dalam bukunya, 'The Sexual Life of our Time'. Ia menceritakan sebuah kejadian di suatu sudut dermaga yang sepi di Bremen, Jerman. Pasangan pria dan wanita tengah asyik bercinta.

Namun si wanita mengalami kejang dan akhirnya pasangan tersebut ketahuan. Banyak orang yang menonton mereka. Sedangkan posisi tubuh mereka masih menempel satu sama lain. Akhirnya pasangan tersebut dibawa ke rumah sakit. Dokter memberikan kloroform kepada si wanita dan akhirnya keduanya dapat terlepas.
(nkn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed