DetikNews
Minggu 02 April 2017, 15:50 WIB

Jokowi Nge-vlog Apresiasi Para Pekerja Waduk Sei Gong yang Beragam

Nograhany Widhi K - detikNews
Jokowi Nge-vlog Apresiasi Para Pekerja Waduk Sei Gong yang Beragam Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta - Presiden Jokowi mengunggah video blog (vlog) lagi. Kali ini dia mengapresiasi para pekerja Waduk Sei Gong yang beragam, dari Sabang sampai Merauke.

Vlog yang berjudul "#JKWVLOG Bersama Para Pekerja Waduk Sei Gong di Batam" diunggah pada Sabtu (1/4) kemarin itu berdurasi 1 menit 28 detik. Jokowi tak lupa mengapresiasi ujung tombak yang mengerjakan suatu proyek infrastruktur, yakni para pekerja itu sendiri.

"Proyek Waduk Sei Gong di Batam Kepri dimulai 2016 dan mungkin akan selesai kira kira nanti pertengahan atau paling lambat akhir 2018. Dan kita liat tiap pekerjaan infrafstruktur melibatkan tenaga kerja yang banyak sekali seperti di Waduk Sei Gong ini, dari Sabang sampai Merauke," tutur Jokowi dalam vlognya.



Jokowi pun bertanya satu per satu kepada sekitar 10 orang pekerja, "Dari mana ini?"

"Dari Sabang sampai Merauke," jawab pekerja tersebut. Lantas menyambungnya dengan "Saya orang Medan, Batak".

Jokowi juga bertanya pada pekerja yang lain mengenai asal mereka. Jawaban yang keluar pun beragam mulai dari Balikpapan-Kaltim, Kupang-NTT, Medan-Sumut, Aceh, Tawangmangu-Solo, Batam-Kepri dan sebagainya.

"Ini dari Sabang sampai Merauke ada semuanya di sini, kerja di Waduk Sei Gong," tutup Jokowi.

Jokowi meninjau Waduk Sei Gong pada Kamis (30/3) lalu. Waduk tersebut terletak di Pulau Galang. Luas waduk itu 355 hektare. Dari total lahan tersebut, seluas 294 hektar masuk lahan hutan lindung dan hutan produksi terbatas. Lahan hutan tersebut sudah mendapat izin pinjam pakai sejak 15 Maret 2016.

Proyek ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR sejak awal 2016. Sebagai informasi, pembangunan Waduk Sei Gong yang terletak di Desa Cijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air baku masyarakat Kota Batam. Pembangunan bendungan tersebut dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Tusenss Krida Utama.

Waduk ini mempunyai kapasitas debit andalan sebesar 400 liter per detik, dengan luas genangan 355 hektar (ha) dan volume tampung 11,8 juta meter persegi.

Pembangunan Waduk Sei Gong memakan dana sekitar Rp 238,4 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Proyek ini mulai pada 5 November 2015 dan ditargetkan selesai pada 18 Desember 2018.
(nwk/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed