DetikNews
Jumat 31 Maret 2017, 14:24 WIB

Polantas Imbau Petani di Aceh Besar Tak Bakar Jerami di Tepi Jalan

Mei Amelia R - detikNews
Polantas Imbau Petani di Aceh Besar Tak Bakar Jerami di Tepi Jalan Foto: Polantas bantu petani di Aceh Besar (Mei-detikcom)
Jakarta - Ada yang tidak biasa dilakukan Polantas Polres Aceh Besar. Jika sebelumnya mereka berada di jalanan, kali ini mereka turun ke persawahan di Blang Jaroe, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

Belasan anggota Satlantas Aceh Besar itu membantu petani yang sedang memanen padi di sawah pada Kamis 30 Maret lalu. Kedatangan Polantas ke sawah itu mengejutkan para petani.

Kasat Lantas Aceh Besar Ipru Sandy Titah Nugraha mengingatkan, aksi turun tangan personelnya itu sebenarnya tidak direncanakan. Mereka spontan turun ke sawah membantu para petani yang tengah memanen padi, sekaligus untuk melakukan sosialisasi.

"Sebenarnya kegiatan itu tidak direncanakan. Pada saat melakukan patroli, anggota kami melihat para petani memotong padi di tengah terik matahari, namun disayangkan, para petani itu juga membakar jerami padi di tepi Jalan lintas Medan-Banda Aceh," jelas Sandy kepada detikcom, Jumat (31/3/2017).

Polantas Imbau Petani di Aceh Besar Tak Bakar Jerami di Tepi JalanFoto: Polantas bantu petani di Aceh Besar (Mei-detikcom)


Melihat kondisi itu, anggota Satlantas Aceh Besar pun terpanggil untuk memberi imbauan kepada para petani. Sambil membantu memotong dan menjemur padi, anggota Polantas Aceh Besar mengimbau para petani untuk tidak membakar jerami di pinggir jalan.

"Karena asap yang ditimbulkan dari pembakaran jerami bisa membahayakan, khususnya menimbulkan kecelakaan. Sehingga anggota mengimbau para petani dengan cara yang simpatik, yaitu terlebih dulu kami membantu mereka beramai-ramai untuk memanen hasil padinya," terang Sandy.

Salah satu anggota Satlantas Aceh Besar Bripka Heri Mulyadi yang biasa memegang buku tilang, mengaku merasa sedikit kesulitan memegang arit.

"Memang kami awalnya merasa kesulitan, karena biasa memegang tilang, kini memegang arit untuk memotong padi. Tapi karena kami kerjakan dengan senang hati dan ikhlas, semua terasa menyenangkan bisa membantu sesama," ujar Bripka Heri yang juga menjabat sebagai Kanit Dikyasa Satlantas Aceh Besar.


Polantas Imbau Petani di Aceh Besar Tak Bakar Jerami di Tepi JalanFoto: Polantas bantu petani di Aceh Besar (Mei-detikcom)


Sri (46), salah satu petani merasa terbantu dengan kehadiran anggota Polantas Aceh Besar ini. Ia juga mengikuti saran polisi untuk tidak lagi membakar jerami di pinggir jalan.

"Geutanyoe meurasa terbantu, emang phoen jih teukejeut, kok na polisi rame that, ternyata pak polisi neujak bantu kamoe (kami merasa terbantu, emang awalnya terkejut, kok ada polisi rame banget, ternyata pak polisi malah membantu kami)," ucap Sri.

Banyak hal yang disosialisasikan oleh Satlantas Aceh Besar terkait ketertiban dan keselamatan berkendara. Sebelumnya, Satlantas Aceh Besar mensosialisasikan ketertiban lalu lintas dengan kreativitas, di antaranya PPAP hingga membuat film pendek berjudul "Suap".
(mei/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed