DetikNews
Kamis 30 Maret 2017, 09:44 WIB

Selain Pasha 'Ungu', Ini Kepala Daerah yang Aktif di Dunia Seni

Dewi Irmasari - detikNews
Selain Pasha Ungu, Ini Kepala Daerah yang Aktif di Dunia Seni Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sigit Purnomo Said atau Pasha 'Ungu' menghebohkan publik lantaran menyanyi di Singapura bersama band Ungu tanpa izin Kemendagri. Tindakan tersebut menuai protes dari DPRD Kota Palu.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono (Soni) mengaku tidak mendapat laporan dari Pasha bahwa dia akan pergi ke Singapura. Padahal, menurut Soni, bila ingin pergi ke luar negeri, seorang kepala daerah harus melapor paling lambat 14 hari sebelum hari keberangkatan.

"Sepertinya belum ada (laporan dari Pasha untuk pergi ke Singapura). Harusnya izin dulu, nanti Dirjen Otda akan memproses. Soal Dirjen Otda nggak ada di tempat itu bukan alasan, kami ada staf yang mengurus itu," kata Soni saat ditemui di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (29/3) kemarin.

Bukan hanya Pasha, berikut ini kepala daerah yang juga masih aktif sebagai seniman.


Deddy Mizwar
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy MizwarWakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Tri Ispranoto/detikcom)

Deddy Mizwar adalah sineas yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan (Aher). Selain berperan sebagai aktor di sejumlah film, Deddy merupakan seorang produser.

Di sela kesibukannya sebagai Wagub Jabar, Deddy aktif berkegiatan di dunia perfilman. Deddy juga membintangi sebuah film garapan sutradara Benni Setiawan yang berjudul 'Pasukan Garuda - I Leave My Heart in Lebanon', yang tayang di bioskop pada pertengahan Desember 2016.

Lewat statusnya sebagai Wagub Jabar, Deddy justru aktif mengampanyekan film karya anak bangsa. Pada November 2016, Deddy mewakili pemerintah Jawa Barat bersama Universitas Indonesia mengadakan Indonesian Ethnographic Film Festival atau disebut IEF-Fest.

Dalam kesempatan itu, Deddy mengungkapkan bahwa film etnografi dapat menjadi potensi bagi ekonomi kreatif. "Keragaman Indonesia ini luar biasa, jadi potensinya aja," tutur Deddy, Jumat (12/11/2016).

Enthus Susmono
Bupati Tegal Enthus SusmonoBupati Tegal Enthus Susmono (Tri Ispranoto/detikcom)

Berikutnya Bupati Tegal, Jawa Tengah, Enthus Susmono atau akrab disapa Ki Enthus. Di sela kesibukannya mengemban tugas sebagai pejabat daerah, Ki Enthus aktif menjadi dalang dalam sejumlah pementasan wayang.

Ki Enthus mahir memainkan tokoh pewayangan, baik wayang kulit maupun wayang orang. Pada awal 2016, Ki Enthus sempat mengisi acara di Purwakarta dalam pergelaran Festival Banyumasan.

Dalam sambutannya, Ki Entus mengapresiasi Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, yang bisa mempersatukan budaya dan suku di Nusantara dengan berbagai kegiatan festival di Purwakarta.

"Orang Jawa di Purwakarta juga kan banyak. Malam ini menjadi bukti bahwa Sunda dan Jawa dapat bersatu, tidak seperti mitos yang selama ini seolah berseberangan," katanya.

Warga yang datang untuk menonton pun puas terhadap penampilan wayang oleh Ki Enthus semalam suntuk.
(irm/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed