Rapat dengan Komnas HAM, Anggota DPR Ungkit Patmi Petani Kendeng

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 29 Mar 2017 18:30 WIB
Rapat Komisi III DPR dan Komnas HAM. (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Komisi III DPR menggelar rapat dengan Komnas HAM. Saat rapat berlangsung, anggota Komisi III, Adies Kadir, menyinggung Komnas HAM yang dianggap tak melakukan tugasnya dengan baik, salah satunya soal Patmi, petani Kendeng yang meninggal dalam aksi cor kaki.

"Nggak usah pelanggaran HAM yang berat, yang ringan dulu saja. Meninggalnya satu orang dalam aksi cor kaki menolak pembangunan pabrik semen di Rembang. Kami belum melihat kerja Komnas HAM sampai itu menimbulkan korban," ujar Adies saat rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Adies pun bertanya ke Komnas HAM, apakah betul ada pelanggaran HAM sehingga petani-petani rela melakukan aksi cor kaki hingga mengorbankan nyawa.

"Apakah benar ada pelanggaran HAM terkait pembangunan pabrik semen ini sehingga masyarakat kecil rela mengorbankan nyawa?" cetus politikus Golkar itu.

Sementara itu, anggota Komisi III lainnya, Daeng Muhammad, bertanya kepada Komnas HAM terkait masalah sengketa tanah. Dia mempertanyakan aspek keadilan mengingat ada 3 persen masyarakat yang bisa menguasai jutaan hektare tanah di Indonesia.

"Sengketa tanah. Sekitar 2-3 persen orang menguasai jutaan hektare di republik ini, bagaimana?" ucap Daeng. (gbr/imk)