DetikNews
2017/03/29 15:31:20 WIB

Para Pembunuh Super Biadab yang Tak Kunjung Dieksekusi Mati

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Para Pembunuh Super Biadab yang Tak Kunjung Dieksekusi Mati Babeh (andi/detikcom)
Jakarta - Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Wawan ditolak Mahkamah Agung (MA). Wawan menghabisi nyawa Sisca Yovie dengan cara super biadab. Meski mengantongi hukuman mati, Wawan belum dieksekusi. Masih banyak Wawan-wawan lain.

Berikut sebagian daftar pembunuh super biadab yang dihukum mati tapi belum dieksekusi sebagaimana dirangkum detikcom, Rabu (29/3/2017):

1. Wawan
Wawan menghabisi Sisca secara kejam dan keji bersama Ade pada Agustus 2013. Pembunuhan itu dilakukan dengan cara menyeret tubuh Sisca dengan sepeda motor selama 500 meter hingga muka Sisca hancur di Jl Cipedes, Kota Bandung.

Sisca masih bernafas. Mendapati hal itu, Wawan dan Ade bukannya insyaf tapi malah membacok Sisca berkali-kali hingga tewas.

Oleh Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Wawan dan Ade dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 24 Maret 2014. Keduanya dinyatakan terbukti telah melanggar Pasal 365 ayat 4 KUHP tentang perampokan yang mengakibatkan kematian.

Putusan ini dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Bandung pada 6 Juni 2014. Di tingkat kasasi, hukuman Wawan dinaikkan menjadi hukuman mati. Duduk sebagai ketua majelis Artidjo Alkostar dengan anggota Gayus Lumbuun dan Margono. Wawan tidak terima dan mengajukan PK. Tapi PK ditolak.

2. Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang

Ryan salah satu pembunuh fenomenal di Indonesia. Selain korbannya yang cukup banyak yakni 11 orang, Ryan juga tega memutilasi korban terakhirnya, Heri Santoso yang dibuang di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Ryan membunuh Heri di Margonda Garden Residence, kamar 309, Jalan Margonda Raya, Depok pada 2008. Ryan tega membunuh Heri karena cemburu.

Polisi kemudian membawa Ryan ke rumahnya di Jombang. Terungkap ada mayat Aril yang ditanam di belakang rumah.

Polisi curiga korban Ryan tidak cuma Heri dan Aril. Ryan terus diperiksa intensif. Hingga akhirnya diketahui ada 10 jasad korban pembunuhan Ryan yang ditanamnya di belakang rumahnya. Ditambah Heri Santoso, total Ryan menghabisi 11 orang.

Korban yang ditanam di belakang rumah Ryan adalah:

1. Grady
2. Vincentius Yudhy Priyono alias Vincent (30)
3. Grendy
4. Guruh Setyo Pramono alias Guntur
5. Agustinus F Setiawan alias Wawan (28)
6. Nanik Hidayati (31)
7. Putri Nanik, Sylvia Ramadani Putri (3)
8. Aril Somba Sitanggang (34)
9. Muhammad Akhsoni alias Soni (29)
10. Zaenal Abidin alias Zeki (21).

Ryan akhirnya dihukum mati di segala tingkatan. Namun hingga hari ini, Ryan masih menghirup udara di balik penjara.
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed