DetikNews
Rabu 29 Maret 2017, 07:10 WIB

Promosikan Budaya, KBRI Datangkan Pengajar Gamelan ke Skotlandia

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Promosikan Budaya, KBRI Datangkan Pengajar Gamelan ke Skotlandia Foto: Dokumentasi KBRI London
Jakarta - Pemerintah Indonesia berkomitmen mempromosikan budaya luhur bangsa Indonesia. Pengajar dan akademisi asal Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Prasadiyanto, didatangkan untuk mengajarkan gamelan bagi mahasiswa seni Royal Conservative of Scotland (RCS) di Skotlandia.

"Kedatangan pengajar gamelan di Inggris merupakan inisiatif KBRI London, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Hal ini sebagai bentuk upaya mempopulerkan kebudayaan Indonesia di Inggris," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London Profesor E Aminudin Aziz melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (29/3/2017).
Promosikan Budaya, KBRI Datangkan Pengajar Gamelan ke SkotlandiaFoto: Dokumentasi KBRI London

Amin menjelaskan peminat gamelan semakin meningkat di Inggris. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah set gamelan yang terus bertambah hingga 150 set dengan bertambah pula anggota pencinta kesenian gamelan.

Prasdiyanto akan mengajar sejumlah mahasiswa dan komunitas gamelan di Skotlandia selama 3 bulan. Ia juga akan membantu menyiapkan materi untuk rencana pertunjukan pergelaran gamelan di Skotlandia.

Pertunjukan tersebut adalah konser gamelan pada 16 Juni 2017 dan pemutaran film bisu 'Setan Jawa' karya Garin Nugroho dengan komposer Rahayu Supanggah di Glasgow.

Pemerintah Indonesia berkomitmen akan mendatangkan pengajar lainnya sebagai bagian untuk mempromosikan budaya ke Inggris. KBRI London juga bekerja sama dengan Kemendikbud untuk mendatangkan pengajar bahasa Indonesia dan budaya untuk mengajar di beberapa sekolah dasar dan menengah yang ada di Inggris.
(fdu/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed