Bom Pipa Diduga Sisa Konflik Tahun 2000 Ditemukan di Ambon

Idham Kholid - detikNews
Senin, 27 Mar 2017 20:26 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bahan peledak berupa bom pipa rakitan ditemukan di kebun warga di Ambon. Bom pipa itu diduga sisa masa konflik yang terjadi di Ambon pada tahun 2000.

Bahan peledak itu ditemukan di Kebun Cengkeh, Lorong Perumahan BBD Desa Batu Merah RT 05, RW 09, Kecamatan Sirimau Ambon, Senin (27/3/2017) pukul 10.30 WIT. Penemuan itu berawal dari laporan warga yang menyebut benda itu telah lama disimpan di lokasi.

"Dari informasi tersebut dilakukan pengembangan dan dari hasil pengembangan tersebut dikatakan A1, hasil tersebut dilaporkan kepada Kapolres P. Ambon dan PP Lease dan dilanjutkan ke Den Gegana Sat Brimob Maluku," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar dalam keterangannya kepada detikcom.

Lalu, satu unit anggota tim penjinak bom dan beberapa anggota inter dan Polres Ambon bergerak ke lokasi. Anggota jibom melakukan deteksi terhadap bahan peledak tersebut.

Karena bahan peledak tersebut masih berada di dalam tanah, kemudian dilakukan penggalian oleh polisi. "Dari hasil penggalian didapat bahan peledak disinyalir adalah bom pipa rakitan sisa masa konflik tahun 2000," ujarnya.

Bahan peledak tersebut kemudian oleh tim jibom ke Brimob Polda Maluku untuk penyelidikan lebih lanjut. (idh/dhn)