Tak Bisa Hadir, Fadli Zon Beri Pesan ke Peserta Aksi 313

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 27 Mar 2017 13:41 WIB
Fadli Zon (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Forum Umat Islam (FUI) bersama jajaran 'alumni' aksi 212 akan menggelar aksi 313 pada Jumat, 31 Maret mendatang. Mereka menuntut Presiden Jokowi memberhentikan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut tak ada yang spesial dari aksi itu. Sama seperti aksi-aksi sebelumnya, dia meminta massa mengikuti aturan yang berlaku dan tertib dalam beraksi.

"Ya kalau menurut saya itu kan aksi sudah biasa ya, sah-sah saja kalau menurut saya. Ikut aturan dengan aturan, tertib, aman, damai, dan menurut saya ini bagian yang tidak terpisahkan dari demokrasi juga," ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Fadli menyebut pemerintah harus memfasilitasi massa aksi 313. Selain itu, dia meminta tak ada pihak yang memprovokasi massa.

"Kita lihat saya kira harusnya tokoh-tokoh, ormas Islam, dalam beberapa kali demonstrasi, bahkan dalam skala yang besar, tidak ada insiden yang semuanya relatif berjalan aman. Jadi sebaiknya demonstrasi itu difasilitasi dan dijaga bersama-sama, jangan diprovokasi, jangan diintimidasi," ucapnya.

Fadli Zon sendiri hadir saat aksi 212 lalu. Lantas, apakah Fadli akan hadir dalam aksi 313?

"Kalau diundang, saya pikir-pikir, tapi saya kebetulan pada saat itu harus memimpin delegasi ke Bangladesh. Jadi saya tanggal 31 sudah berangkat," ujarnya sambil tersenyum. (gbr/imk)