detikNews
Jumat 24 Maret 2017, 13:30 WIB

Berafiliasi JAD, 8 Terduga Teroris Berencana Berlatih di Halmahera

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Berafiliasi JAD, 8 Terduga Teroris Berencana Berlatih di Halmahera Kombes Martinus Sitompul/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - 8 orang terduga teroris yang ditangkap di Banten dan Jawa Barat disebut berencana melakukan pelatihan di Halmahera, Maluku Utara. Terduga teroris ini berafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Kelompok ini yang berafiliasi dengan JAD dan berkolaborasi dengan kelompok teror di Filipina Selatan. Mereka terkoneksi dan bahkan akan melakukan pelatihan di wilayah Halmahera," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2017).

Menurut Martinus, para terduga teroris tersebut juga ingin membuat lokasi pelatihan di Halmahera. Konsep ini sama dengan yang dilakukan kelompok teroris di Poso.

Terkait penangkapan para terduga teroris, tim Densus 88 menyita sejumlah barang bukti di antaranya dokumen, beberapa handphone, satu buah pistol, dan uang dalam bentuk dolar dan rupiah. Barang bukti ini diteliti untuk pengembangan pemeriksaan.

"Ini kemudian dikumpulkan untuk dilakukan satu pemeriksaan kepada mereka, sehingga bisa mendapatkan struktur hukum, kita masih punya waktu 7 hari untuk melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Delapan terduga teroris yang ditangkap terpisah yakni SM alias Abu Ridho, M BEP, AJ, NK, AS, IP dan AM.
(fdn/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com