ADVERTISEMENT

Karang Raja Ampat Rusak, Luhut: Caledonian Sky 'Dihukum' Dunia

Dewi Irmasari - detikNews
Jumat, 24 Mar 2017 12:17 WIB
Menko Luhut (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Kapal MV Caledonian Sky menabrak terumbu karang di perairan dangkal di Raja Ampat, Papua barat. Akibatnya, luas kerusakan terumbu karang mencapai 18.882 meter persegi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan insiden tersebut menjadi perhatian dunia. Luhut menyatakan, dunia pun turut menghukum kapal Caledonian Sky.

"Sekarang yang menghukum Caledonian Sky bukan hanya kita loh. Itu dunia loh, jangan salah," ujar Luhut di gedung BPPT, Jalan MH Thamrin nomor 8, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2017).

Menurut Luhut, insiden itu betul-betul menyakitkan. Mantan Menko Polhukam itu menjelaskan, dampak yang ditimbulkan bukan hanya menyangkut Indonesia saja.

"Pokoknya kalau saya pribadi, orang harus betul-betul painful dengan kesalahan yang dibuat ini. Karena ini dampaknya buat dunia, bukan kita saja," ucap Luhut.

Soal tindak lanjut yang akan diambil oleh Indonesia, Luhut masih menunggu data lengkap dari tim yang melakukan identifikasi. Terkait waktu penyelesaian, Luhut menyatakan, makin cepat diselesaikan, maka semakin baik.

"Ya makin cepat makin bagus," pungkas Luhut. (irm/rvk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT