DetikNews
Kamis 23 Maret 2017, 19:37 WIB

Senyum Melinda Gates ke Warga saat Blusukan di Yogya

Bagus Kurniawan - detikNews
Senyum Melinda Gates ke Warga saat Blusukan di Yogya Foto: Facebook
Yogyakarta - Melinda Gates selaku Co-chair of the Bill & Melinda Gates Foundation mengunjungi Yogyakarta pada hari Rabu (22/3/2017) kemarin. Salah satu agenda kunjungannya adalah mengunjungi Kampung Jatimulyo Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Di Kampung Jatimulyo, rombongan Melinda Gates didampingi peneliti utama Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta Prof Dr Adi Utarini bersama staf dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Mereka mengunjungi kampung Jatimulyo RT 1/RW 1 Kelurahan Kricak tersebut untuk melihat langsung pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia. Nyamuk Aedes aegypti yang telah mengandung bakteri Wolbachia ini untuk menekan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Yogyakarta. Kawasan itu telah dilepaskan nyamuk ber-wolbachia sejak tahun 2016 lalu.

Di Kantor Kelurahan Kricak, rombongan langsung disambut Kepala Kelurahan Kricak dan Muspika Tegalrejo. Rombongan kemudian menuju perkampungan di RT 1/ RW 1 yang berjarak sekitar 500 meter dari kantor Kelurahan. RT 1/RW 1 merupakan wilayah paling barat Kampung Jatimulyo.

Mereka melihat dan bertanya secara langsung kepada warga mengenai keuntungan dari kegiatan pelepasan nyamuk ber-wolbachia untuk menekan kasus DBD dan kesehatan masyarakat sekitar terutama kepada pengurus RT dan RW setempat. Untuk klaster wilayah Kricak, mulai disebar atau ditaruh ember berisi bibit nyamuk ber-wolbachia sejak akhir tahun 2016 lalu.

Menurut Budiyanto, saat berjalan menuju lokasi Melinda bersama rombongan tersebut tampak selalu tersenyum dan menyapa warga.

"Rombongan berjumlah banyak. Kami melihat dan bertemu rombongan di jalan arah ke barat menuju RT 1/ RW 1," kata Budiyanto.

Menurut informasi, saat ini Melinda Gates dan rombongan berada di Bali untuk melanjutkan kegiatan sosialnya.
(bgs/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed