DetikNews
Kamis 23 Maret 2017, 13:12 WIB

Melinda Gates di Yogya: Cek Laboratorium Nyamuk EDP dan Diskusi KB

Bagus Kurniawan - detikNews
Melinda Gates di Yogya: Cek Laboratorium Nyamuk EDP dan Diskusi KB Foto: Facebook
Yogyakarta - Istri Bill Gates, Melinda Gates, mengunjungi Kota Yogyakarta pada Rabu (22/3/2017). Dia sempat jalan-jalan blusukan di wilayah Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Agenda kunjungan Melinda Gates, selaku Co-Chair of the Bill & Melinda Gates Foundation, di Yogyakarta di antaranya melihat langsung pelaksanaan program keluarga berencana dan kesehatan masyarakat. Di Yogyakarta, rombongan Melinda Gates sempat mengunjungi Laboratorium Eliminate Dengue Project in Yogyakarta (EDP-Yogya) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) di kompleks Sekip.

Bill & Melinda Gates Foundation sudah dua kali mengunjungi Fakultas Kedokteran UGM. Kunjungan pertama dilakukan pada 2015; dan yang kedua adalah saat ini.

Saat berkunjung, Melinda memantau proses penelitian nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia. Di tempat itu, rombongan mendapatkan penjelasan dari pimpinan EDP-Yogyakarta. Dia juga melihat secara langsung para staf peneliti yang melakukan penelitian melalui mikroskop. Melinda pun rela kedua tangannya digigit nyamuk.

Dalam rilis kepada media, kunjungan Melinda Gates tersebut untuk mempelajari kemajuan KB di Indonesia, negara yang memiliki sejarah panjang dan dianggap sebagai salah satu negara paling sukses dalam inisiatif-inisiatif keluarga berencana nasional di dunia. Selama kunjungan tersebut, Melinda membahas topik seputar keluarga berencana sebagai sebuah cara membuka siklus kesejahteraan yang memberikan manfaat bagi setiap orang.

Bill & Melinda Gates Foundation percaya bahwa memberi kaum perempuan sebuah akses terhadap keluarga berencana dapat memberdayakan perempuan, memberi kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan kesempatan terbaik akan masa depan yang lebih sehat, serta memungkinkan mereka mencapai potensi secara penuh.

Melinda juga menghadiri acara Temu Nasional Remaja Indonesia di Yogyakarta dan minggu ini akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang akan mendiskusikan inisiatif-inisiatif keluarga berencana Indonesia serta melihat berbagai program KB yang inovatif di Yogyakarta dan Jakarta.
(bgk/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed